Ironis, Jeep Gagal Cegah Mobil Jeep Tiruan Masuk Amerika

Sabtu, 26 Desember 2020 - 04:55 WIB
loading...
Ironis, Jeep Gagal Cegah Mobil Jeep Tiruan Masuk Amerika
Mahindra Roxor akhirnya bisa dijual di pasar Amerika Serikat meski dituduh menjiplak desain Jeep Willys. Foto/IST
A A A
MICHIGAN - Fiat Chrysler Automobile (FCA), induk perusahaan otomotif yang Jeep bergabung di dalamnya, gagal mencegah Mahindra Roxor masuk pasar Amerika. Hal itu terjadi karena Komisi Perdagangan Internasional (ITC) telah menyetujui permohonan Mahindra untuk menjual Mahindra Roxor di kawasan Amerika Serikat. (Baca juga : Mitsubishi Produksi Mobil Listrik di Thailand Ketimbang Indonesia )

Keputusan ini tentu mengecewakan buat Jeep. Pasalnya melalui FCA, pada 2018 mereka menuntut Mahindra karena telah meniru desain mobil ikonik Jeep Willys saat membuat Mahindra Roxor. Dalam tuntutannya itu Jeep melarang Mahindra menjual Mahindra Roxor di pasar Amerika Serikat. Di saat yang bersamaan mereka mengaku sama sekali tidak masalah jika mobil 4x4 itu dijual di India atau negara lainnya. Asal jangan Amerika Serikat.

Saat itu Mahindra menolak tuduhan tersebut. Mereka mengaku sama sekali tidak meniru mobil Jeep Willys. Mereka bahkan mengatakan pasar yang diincar Mahindra Roxor bukanlah pasar umum melainkan pasar khusus seperti perkebunan. Mobil itu juga tidak bisa digunakan di jalanan umum.

Ironis, Jeep Gagal Cegah Mobil Jeep Tiruan Masuk Amerika


Pada 2019, Jeep akhirnya bisa memenangkan tuntutan. Hanya saja hal itu tidak membuat Mahindra menerima begitu saja keputusan tersebut. Mereka kemudian sedikit mengubah bagian depan mobil tersebut dan langsung mengajukan permohonan ke Komisi Perdagangan Internasional.

Mereka berkilah telah mengubah desain mobil agar tidak sama dengan mobil buatan Jeep. Hasilnya, Komisi Perdagangan Internasional menyatakan Mahindra Roxor memang tidak sama dengan Jeep Willys. Mobil itu bahkan mendapatkan izin dijual di kampung halaman Jeep Willys dilahirkan, Amerika Serikat. (Baca juga : Elon Musk Pernah Ingin Jual Tesla ke Apple dengan Harga Murah )

"Desain baru mobil ini fokus pada kekokohan mobil. Tampang yang agresif memperlihatkan betapa kokohnya mobil yang kami buat. Mobil ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pecinta mobil jelajah karena kekokohannya," ujar Rick Haas, Presiden dan CEO Mahindra Automotive North America.

Sementara Jeep dikutip Detroit News mengaku kecewa akan putusan Komisi Perdagangan Internasional. Mereka berupaya menempuh jalan hukum lain agar Mahindra Roxor tidak masuk Amerika Serikat.

Makin ironis lagi, Mahindra Roxor justru tidak diimpor utuh dari India. Mobil itu dibuat di Auburn Hills, Michigan yang jaraknya tidak jauh dari pabrik Jeep di Toledo, Ohio.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)