Mitsubishi Produksi Mobil Listrik di Thailand Ketimbang Indonesia

Kamis, 24 Desember 2020 - 00:20 WIB
loading...
Mitsubishi Produksi Mobil Listrik di Thailand Ketimbang Indonesia
Mitsubishi Outlander PHEV kini sudah diproduksi lokal di Thailand. Rencananya mobll itu akan didistribusikan ke kawasan Asia Tenggara. Foto/Paultan
A A A
THAILAND - Mitsubishi Motors menunjukkan keberpihakan mereka kepada Thailand dengan melakukan produksi lokal mobil listrik, Mitsubishi Outlander PHEV. Produksi diketahui sudah dilakukan sejak 21 Desember lalu di pabrik Mitsubishi Thailand di Laem Chabang, Thailand. (Baca juga : Elon Musk Pernah Ingin Jual Tesla ke Apple dengan Harga Murah )

Rencananya mobil itu akan mulai dijual di Thailand awal Januari tahun depan. Setelahnya Mitsubishi Outlander PHEV akan dikirimkan ke berbagai negara ASEAN lainnya. "Mitsubishi Motors menyediakan Outlander PHE ke pasar Asia Tenggara karena meningkatnya kesadaran akan lingkungan yang bermutu. Kami sangat senang mengirimkan Outlander PHEV yang diproduksi lokal ke Thailand sebagai bagian dari bisnis mobil listrik kami," ujar Takao Kato, CEO of Mitsubishi Motors Corp.

Mitsubishi Produksi Mobil Listrik di Thailand Ketimbang Indonesia


Dikutip situs Paultan, Mitsubishi tertarik melakukan perakitan Mitsubishi Outlander PHEV di Thailand karena adanya promo besar-besaran mobil listrik yang diterapkan di Thailand seperti cash back dan voucher bagi warga Thailand yang ingin menukar mobil konvensional mereka dengan mobil listrik. (Baca juga : Waspada Tesla, Mercedes-Benz Siapkan Layar Sentuh Hiper )

Selain itu Thailand juga Pemerintah Thailand menyetujui banyak insentif baru untuk kendaraan listrik. Insentif itu berlaku untuk mobil listrik, bus listrik, truk listrik, motor lisrik sampai kapal. Ini menjadi dukungan pemerintah Thailand untuk mempromosikan produksi kendaraan listrik dan rantai pasokannya secara lokal .

Dewan Investasi Thailand yang diketuai oleh Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha menyetujui paket dukungan terhadap kendaraan listrik. Dukungan itu termasuk pembebasan pajak tiga tahun untuk produsen kendaraan plug-in hybrid. Produsen baterai untuk kendaraan listrik pun akan dibebaskan pajak penghasilan selama delapan tahun.

Mitsubishi Outlander PHEV sebenarnya juga dipasarkan di Indonesia. Hanya saja mobil itu dihadirkan ke pasar Indonesia dengan skema Completely Built Up (CBU) sehingga harganya tembus Rp1 miliar. Indonesia juga memiliki pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat. Jadi sangat menarik mengapa Mitsubishi Motors memilih memproduksi lokasl Mitsubishi Outlander PHEV di Thailand ketimbang di Indonesia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)