Perhatian-Perhatian, Isi Radiator dengan Air Mineral Bisa Bikin Mobil Kolesterol

Jum'at, 01 Januari 2021 - 16:15 WIB
loading...
Perhatian-Perhatian, Isi Radiator dengan Air Mineral Bisa Bikin Mobil Kolesterol
Air mineral dan air tanah mengandung zat besi dan kapur yang bisa membuat saluran air berkerak.
A A A
JAKARTA - Hampir semua pemilik mobil pasti pernah mengisi cairan radiator menggunakan air mineral maupun air tanah dari keran. Hal ini ternyata salah kaprah karena kedua air tersebut justru mengandung zat membahayakan.

Pemilik bengkel Otomods Depok Surya Wicaksono menjelaskan, air mineral dan air tanah mengandung zat besi dan kapur yang bisa membuat saluran air berkerak. Ibarat kolesterol pada manusia yang membuat penyumbatan pada pembuluh darah.

Baca Juga: saluran air berkerak dan akhirnya tersumbat,
Jika terjadi penyumbatan pada saluran radiator, membuat proses pendinginan mesin tidak optimal dan akhirnya mesin overheat.

"Kalau sudah overheat , mau tidak mau harus turun mesin karena sejumlah komponen pasti ada yang rusak dan biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal," katanya.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Servis Mobil Honda di Bengkel Resmi

Seperti diketahui, cairan untuk radiator mobil (coolant) sudah tersedia di pasaran. Cairan coolant punya kandungan yang bisa mencegah karat pada besi dan membantu melumasi serta merawat seal karet radiator.

"Sebisa mungkin jangan menggunakan air mineral. Jika dalam keadaan darurat tidak ada air coolant, bisa menggunakan air aki dengan botol berwarna biru. Air aki memiliki kandungan murni tanpa mineral apapun," kata Surya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)