Minggir Honda, Bajaj Klaim Jadi Merek Motor Termahal di Dunia

Senin, 04 Januari 2021 - 22:00 WIB
loading...
Minggir Honda, Bajaj Klaim Jadi Merek Motor Termahal di Dunia
Bajaj Auto mengklaim sebagai perusahaan motor pertama di dunia dengan nilai perusahaan Rp186,2 triliun. Foto/IST
A A A
INDIA - Bajaj baru-baru ini mengklaim sebagai merek motor termahal di dunia setelah berhasil meraih valuasi perusahaan mencapai USD13,6 milyar atau setara Rp186,2 triliun. Perusahan motor India itu semakin bangga karena mereka menyatakan merupakan perusahaan kendaraan roda dua pertama di dunia yang berhasil mencapai nilai sebesar itu. (Baca juga : Tesla Cybertruck Ditantang Bertarung di Ajang Offroad Resmi )

Minggir Honda, Bajaj Klaim Jadi Merek Motor Termahal di Dunia


Menurut mereka, merek-merek otomotif roda dua di dunia mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki dan sebagainya belum pernah sekali pun mencapai valuasi sebesar Rp186,2 triliun. Keberhasilan ini menurut Bajaj menjadi kado terindah ulang tahun ke-75 buat perusahaan otomotif kendaraan roda dua berbasis di Pune, India itu.

"Fokus Bajaj yang tinggi di pasar roda dua, diferentasi, komitmen dan strategi yang tinggi serta ambisi global yang kuat membuat Bajaj jadi perusahaan roda dua paling bernilai saat ini. Ini menginspirasi kami untuk terus melayani konsumen di seluruh dunia," ucap Rajiv Bajaj, Managing Direcor Bajaj Auto.

Walau diyakini hanya klaim sepihak, Bajaj memang sudah menancapkan pengaruhnya di dunia otomotif roda dua. Saat ini perusahaan moto India itu sudah mengendalikan perusahaan motor sport asal Swedia, KTM dan Husqvarna. Mereka juga bahkan sudah memiliki pengaruh pada perusahaan motor asal Inggris, Triumph. Rencananya kerja sama Bajaj dan Triumph berujung pada produksi motor Triumph dengan banderol harga yang kompetitif untuk pasar India. (Baca juga : Lambat Urus Recall, Daimler Trucks Dihukum Rp415 Miliar )

Minggir Honda, Bajaj Klaim Jadi Merek Motor Termahal di Dunia


Meski jadi merek roda dua paling mahal di dunia, Bajaj masih belum bisa mengalahkan Honda sebagai produsen motor terbesar di dunia. Saat ini posisi itu dipegang oleh Honda. Dari segi kapasitas produksi Bajaj memang belum ada apa-apanya dibanding Honda.

Saat ini Bajaj Auto baru memiliki tiga pabrik yakni di Pune, Waluj (Aurangabad) dan Pantnagar (Uttrakhand). Baru-baru ini mereka juga sudah menandatangani kerja sama dengan pemerintah India untuk membangun pabri baru di Chakan. Rencananya pabrik baru itu akan memproduksi motor baru dan motor listrik buatan Bajaj.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)