Cermati, Konsep Kota Masa Depan versi Volvo dan Swedia

loading...
Cermati, Konsep Kota Masa Depan versi Volvo dan Swedia
Swedia mengajak Volvo bekerja sama untuk membangun konsep kota masa depan untuk iklim netral dan elektrifikasi. Foto/IST
GOTHENBURG - Volvo dan Swedia berencana membangun kota masa depan untuk teknologi otonom dan konektivitas. Konsep kota masa depan yang diumumkan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2021 itu rencananya akan dibuat di Gothenburg, Swedia dengan nama Gothenburg Green City Zone. (Baca juga : All-New Honda CBR150R, Buat yang Tak Mampu Beli Honda CBR250RR? )


Swedia meminta Volvo terlibat dalam pembuatan kota masa depan itu karena pabrikan mobil kebangaan Swedia itu memiliki kemampuan membangun infrastruktur pendukung. Dengan bantuan Volvo, Gothenburg akan menjadi surganya mobil-mobil teknologi otonom, mobil terkoneksi, solusi mobilitas berbagi dan elektrifikasi.

Cermati, Konsep Kota Masa Depan versi Volvo dan Swedia


Sementara bagi Volvo kerja sama itu akan bermanfaat bagi mereka dalam mengakselerasi pembangunan teknologi dan layanan elektrifikasi. Konsep Gothenburg Green City Zone itu menurut Chief Executive Officer (CEO) Volvo, Hakan Samuelsson berupa pemanfaatan teknologi terkini guna membatasi jumlah mobil di Gothenburg.



Salah satu teknologi yang mereka manfaatkan adalah teknologi pembatasan kendaraan melalui tipe jalan. Nantinya beberapa jalan tertentu di Gothenburg hanya akan bisa dilewati oleh mobil listrik. Teknologi itu juga akan memaksa pengguna mobil hybrid mengaktifkan motor listrik ketimbang mesin konvensional yang ada diusung mobil.

Kecepatan di area jalan itu juga akan dibatasi. Sementara infrastuktur jalan akan terkoneksi langsung dengan sistem keamanan yang ada di dalam mobil serta mampu membagi informasi kondisi jalan terkini antar pengguna jalan. (Baca juga : Berakhir Bahagia, Ken Block Akhirnya Resmi Berpisah dengan Ford )

Selain itu mereka juga akan membangun titik pemusatan skala besar untuk mobilitas elektrik. Nantinya di tempat itu akan dibangun jaringan stasiun pengisian ulang kendaraan listrik yang sangat lengkap dan mudah dioperasikan. Volvo juga akan menyediakan robo taxi agar masyarakat Gothenburg memiliki pilihan lengkap di moda transportasi listrik.



"Kami ingin menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi kami untuk membangun kota yang terelektrifikasi, terkoneksi dan iklim yang netral," ujar Henrik Green, Chief Technology Officer Volvo Cars.

Inisiatif Gothenburg Green City akan dimulai tahun ini dan seiring tahun akan ditingkatkan. Ditargetkan pada 2040, Gothenburg akan berhasil menjadi kota dengan sitem elektrifikasi dan iklim netral terbaik.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top