Saingi Apple, Microsoft Kerja Sama dengan GM Buat Mobil Otonom

Sabtu, 23 Januari 2021 - 06:01 WIB
loading...
Saingi Apple, Microsoft Kerja Sama dengan GM Buat Mobil Otonom
Microsoft menggelontorkan dana Rp27,7 triliun untuk mobil otonom buatan Cruise. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Microsoft, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates sekaligus rival terkuat Apple, mulai mengadakan kerja sama dengan General Motors untuk membuat mobil otonom. Untuk kerja sama ini Microsoft bahkan menggelontorkan dana yang tidak sedikit yakni USD2 miliar atau setara Rp27,7 triliun.

Hanya saja uang sebesar itu tidak seluruhnya masuk ke kantong General Motors. Alih-alih uang itu disalurkan ke anak perusahaan General Motors, Cruise, yang memang fokus pada pengembangan teknologi mobil otonom. Microsoft juga bukan satu-satunya penyandang dana pengembangan teknologi mobil otonom itu. Disebutkan Carbuzz, Honda juga merupakan salah satu penyandang dana terbesar di Cruise. Total dana yang masuk ke Cruise disebutkan mencapai USD20 miliar atau setara Rp415,7 triliun.

Baca Juga: Diminta Apple Lakukan Pembaruan Privasi Data, Google Cuek

Cruise diketahui akan mengirimkan contoh mobil konsep otonom mereka ke Jepang tahun ini untuk dilihat langsung oleh Honda. Sementara keterlibatan Microsoft dalam proyek itu merupakan salah satu upaya meningkatkan kemampuan perangkat lunak, perangkat keras, cloud computing hingga engineering. Diharapkan dengan adanya kerja sama dengan Microsoft, komersialisasi mobil otonom akan jadi lebih baik. Diketahui mobil yang mereka kembangkan, Chevrolet Bolt EV akan menggunakan sistem cloud Microsoft Azure dan platform komputerisasi canggih lainnya dari Microsoft.

"Misi kami adalah menghadirkan mobil otonom yang lebih aman, terjangkau dan lebih baik. Kehadiran Microsoft akan menjadi kekuatan pengganda saat kami berupaya mengkomersialisasi armada buatan kami," ujar CEO Cruise, Dan Ammann.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)