Mengejutkan, Porsche Buka Pabrik Perakitan di Malaysia

Minggu, 07 Februari 2021 - 06:00 WIB
loading...
Mengejutkan, Porsche Buka Pabrik Perakitan di Malaysia
Porsche dan Sime Darby akan membuka pabrik perakitan yang dioperatori oleh perusahaan Malaysia, Inokom. Foto/IST
A A A
MALAYSIA - Mengejutkan, tiba-tiba Porsche mengumumkan akan membuka pabrik perakitan mobil Porsche di Malaysia. Dilaporkan The Edge, pabrik perakitan itu akan diinisiasi Porsche dengan distributor Porsche di Malaysia, Sime Darby. Bertindak sebagai operator perakitan nantinya adalah Inokom Corporation yang terbiasa merakit mobil-mobil impor lainnya seperti BMW, Mazda dan Hyundai.

Nantinya pabrik perakitan itu akan berada di wilayah Kulim, Kedah, Malaysia. Yang mengejutkannya adalah pabrik perakitan itu merupakan pabrik perakitan pertama Porsche di luar wilayah Jerman. "Pemerintah Malaysia belum mengumumkan kerja sama ini dengan acara resmi karena halangan pandemi. Banyak pejabat terkait yang tidak bisa datang ke Malaysia karena pandemi. Nantinya pengumuman akan dilakukan bersama," ungkap sumber yang dikutip The Edge.

Mengejutkan, Porsche Buka Pabrik Perakitan di Malaysia


Inokom disebutkan The Edge dipastikan akan membangun fasilitas baru yang memang bertugas merakit mobil-mobil Porsche. Jadinya fasilitas perakitan mobil lainnya seperti BMW, Mazda dan Hyundai tidak terganggu.

Christian Weiss, Director of Corporate Communication Porsche dan juru bicara logistik Porsche memang tidak secara gamblang membenarkan berita tersebut. Dia hanya mengatakan, "ASEAN adalah wilayah yang menjanjikan dan berpotensi besar. Kami terus membuka opsi yang lebih banyak guna meraih pertumbuhan yang lebih besar di wilayah ini."

Tentunya fasilitas perakitan ini akan sangat bermanfaat buat Malaysia. Selain membuka lapangan kerja baru tentu saja nantinya harga mobil-mobil Porsche yang dijual di Malaysia akan jauh lebih kompetitif ketimbang harga sebelumnya karena didatangkan melalui skema impor utuh atau completely built up (CBU).
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)