8 Cara Supaya Mobil Tua Anda Tetap Kuat Ngegas Bareng Mobil Baru

Selasa, 09 Februari 2021 - 00:04 WIB
loading...
8 Cara Supaya Mobil Tua Anda Tetap Kuat Ngegas Bareng Mobil Baru
Satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur mesin Anda adalah mengganti oli secara teratur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setiap orang ingin menjaga kendaraan mereka dalam kondisi terbaiknya untuk menghindari biaya tambahan perbaikan, atau bahkan harus membeli kendaraan baru .

Selain berhemat, para penggemar mobil tua atau lawas juga sudah kadung jatuh cinta dengan kendaraannya. Sentimentil memang, karena si mobil tua sudah lama mengikuti jejak tuannya dari hidup sulit hingga berkecukupan. Baca juga: Mobil Listrik Baru Renault Terinspirasi Mobil Klasik

Pertanyaannya, apakah mobil tua ini masih sanggup ngegas bersaing dengan kendaraan dengan usia jauh lebih muda? Jangan khawatir soal kinerja mesin, karena tarikan dan daya tahan mobil tua masih bisa bersaing dengan kendaraan lainnya yang lebih muda usianya.

Di lansir dari laman myimprov, ada begitu banyak sumber daya yang menginformasikan pengemudi tentang cara menjaga kendaraan mereka dalam kondisi prima agar dapat berjalan melibas aspal selama mungkin. Rahasia utamanya adalah perawatan rutin.

Nah terkait perawatan rutin, berikut ini beberapa kebutuhan pemeliharaan mobil tua agar bisa tetap asyik dibawa ngegas di jalanan:

1. Ganti oli dan filter oli Anda sesering mungkin
Satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur mesin Anda adalah mengganti oli secara teratur. Tidak melakukannya dapat menyebabkan banyak masalah pada mesin seiring waktu.

Meskipun bengkel yang mengganti oli Anda juga dapat mengganti filter, kita perlu memastikannya dirawat dengan satu atau lain cara. Pastikan Anda mencatat tanggal dan jarak tempuh setelah setiap penggantian oli sehingga Anda tahu kapan pelumas kendaraan akan diganti.

Seringkali, tempat terakhir Anda mengganti oli akan menempelkan stiker kaca depan atau mengirimi Anda email pengingat.

2. Ganti cairan transmisi dan oli diferensial Anda
Ini tidak sering perlu dilakukan, tapi jika Anda khawatir, periksa manual kendaraan untuk jangka waktu yang disarankan untuk mengubahnya.

3. Tambahkan pendingin baru
Sesekali, Anda harus membuang cairan pendingin dan menambahkan cairan pendingin segar. Sekali lagi, buku manual mobil Anda akan memiliki interval yang disarankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)