Tak Seperti Malaysia, Porsche Justru Ogah Bangun Pabrik di China

Selasa, 16 Februari 2021 - 13:03 WIB
loading...
Tak Seperti Malaysia, Porsche Justru Ogah Bangun Pabrik di China
Porsche saat ini banyak membuat mobil mereka di pabrik Zulfenhausen, Jerman. Foto/IST
A A A
CHINA - Porsche tidak akan membangun pabrik di China. Kontras dengan apa yang terjadi di Malaysia dimana perusahaan mobil asal Jerman itu justru membangun pabrik perakitan di negeri jiran itu. Keengganan Porsche membuka pabrik di China itu justru berkaca pada keinginan konsumen Porsche di China itu sendiri.

Dikutip dari Financial Times CEO Porsche Oliver Blume mengatakan Porsche tidak punya alasan masuk akal untuk membuat Porsche di China. "Saat ini tidak masuk akal membuatnya di China. Kami juga mendapat feedback dari konsumen dan dealer kami di China kalau mereka lebih suka mobil ini dibuat di Jerman," jelasnya.

Langkah ini memang jadi keputusan yang unik buat Porsche. Pasalnya proses pengiriman mobil-mobil buatan Porsche ke China akan sangat memakan waktu. Padahal China adalah pasar yang sangat penting buat Porsche.

Tak Seperti Malaysia, Porsche Justru Ogah Bangun Pabrik di China



Tahun lalu penjualan mereka mencapai 276.162 unit di seluruh dunia. Sebanyak 90.000 unit terjual di kawasan China. Hanya saja Oliver Blume masih akan berpikir ulang jika memang jumlah volume mobil Porsche akan terus membesar selama satu dekade ke depan. Termasuk dari segi penjualan mobil listrik baru mereka, Porsche Taycan. "Sepuluh tahun ke depan kita lihat saja, bagaimana regulasinya yang ada," jelasnya.
Diketahui Porsche memang cukup jarang membuat mobil di luar Jerman. Hampir semua mobil mereka dibuat di pabrik Zulfenhausen, Jerman. Kecuali Porsche Cayenne yang diproduksi di pabrik Volkswagen di Slovakia. Selain itu Porsche juga berencana membuka pabrik perakitan di Malaysiauntuk beberapa model yang cukup laris di Malaysia seperti Porsche Macan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3541 seconds (0.1#10.140)