Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia

Minggu, 28 Februari 2021 - 11:19 WIB
loading...
Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia
Beberapa anak bangsa berhasil memiliki posisi penting di dunia modifikasi dan desain otomotif dunia. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Modifikator dan desainer otomotif Indonesia teryata sudah mencapai level dunia. Beberapa anak bangsa yang fokus pada dunia otomotif memberikan kontribusi yang cukup besar pada perkembangan dunia otomotif tidak hanya dari segi industri tapi juga after market.



Dari segi industri otomotif, beberapa anak bangsa ternyata berhasil mendesain beberapa mobil yang ternyata sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Sementara di dunia after market khususnya modifikasi beberapa nama anak bangsa tidak hanya berhasil mengkreasikan berbagai modifikasi mobil yang menarik tapi juga diterima dengan sangat baik hingga selebritas dunia.



Berikut ini beberapa modifikator dan desainer otomotif Indonesia yang berhasil mewarnai pentas dunia otomotif ;

Musa Tjahjono, Lead Designer West Coast Custom

Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia


Nama Musa Tjahjono bukan nama yang asing di dunia modifikasi. Pria asli Surabaya, Jawa Timur ini baru saja selesai memofikasi Rolls-Royce Wraith milik penyanyi Justin Bieber menjadi Roll-Royce Uriel. Mobil itu dibuat karena Justin Bieber ingin memiliki mobil konsep Rolls-Royce 103EX Concept. Sayangnya mobil itu tidak dijual. Alhasil dia mengontak West Coast Custom untuk mewujudkan impiannya. Dari situlah tangan ajaib Musa Tjahjono bekerja.

Bukan kali itu saja Musa Tjahjono bekerja sama dengan Justin Bieber. Sebelumnya dia juga pernah memodifikasi mobil Justin Bieber lainnya dengan membuat ranjang di dalam mobil. Klien Musa Tjahjono lainnya tidak kalah mentereng yakni Jennifer Lopez, Shaquile O'Neal, Post Malone, Joe Jonas, Kylie Jenner, Bruno Mars hingga Travis Scott.

Kiki Anugraha, Pemilik Body Kit Karma

Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia


Dunia modifikasi khususnya body kit selalu didominasi oleh merek luar seperti Liberty Walk, Rocket Bunny, Mansory, Veilside dan Novitec Group. Di antara nama-nama itu ada satu nama yang datang dari Indonesia yakni Karma.

Bodykit Karma merupakan body kit buatan anak bangsa, Kiki Anugraha. Bekerja sama dengan Monaco Atu Design modifikasi buatan Kiki kemudian menarik perhatian para pecinta modifikasi baik di dalam maupun di luar negeri. Tak sedikit yang kepincut dibuatnya.

Pertama kali Kiki Anugraha merilis body kit Karma di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2017 di sebuah mobil Toyota 86. Setelahnya ajang IMX selalu menjadi tempat rilis pedana body kita Karma lainnya. Penggemar body kit Karma saat ini tidak hanya di Indonesia tapi juga di Kanada, Amerika Serikat dan Timur Tengah.

Chris Lesmana, Desainer Volkswagen

Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia


Nama Chris Lesmana tidak asing lagi di dunia otomotif. Pria yang pernah kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu merupakan desainer Volkswagen. Beberapa mobil yang dia buat di antaranya Volkswagen Up dan Volkswagen Beetle yang dirilis pada 2012.

Chris Lesmana sendiri bergabung dengan Volkswagen sejak tahun 1997. Kini Chris bekerja di VW selama 40 jam seminggu dengan waktu istirahat selama 45 menit setiap harinya. Chris juga msaih menyimpan VW seri lama, yakni 1962. 1967. dan 1971.

Sandy Hartono, Desainer Hyundai

Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia


Sandy Hartono adalah pria Surabaya yang berkiprah di Hyundai. Orangtua Sandi asli Surabaya, tapi dia lahir dan besar di Stuttgart tahun 1971 lalu. Sandy ini besar di Jerman dan menyelesaikan pendidikannya di bidang Transportation Design di Pforzheim University.

Kini Sandy bergabung dengan Hyundai Motor Europe Technical Center (HMETC) GmbH sejak 2014 dan bertanggung jawab memimpin tim European Interior Design. Saat ini ia menjabat sebagai Section Manager (Interior Design) Hyundai Design Centre Europe. Sejak bergabung dengan Hyundai di 2004 sudah banyak sumbangsih yang diberikan Sandy untuk desain Hyundai salah satunya adalah interior Hyundai Genesis. Mobil yang kerap nongol di berbagai drama Korea yang tayang di Indonesia.

Abeng Lyman, Desainer Volkswagen

Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia


Abeng Lyman saat ini memang tidak lagi mendesain mobil. Pria kelahiran Jakarta itu kini membuat lembaga konsultasi desain, Teague, yang fokus pada desain pesawat terbang. Namun kiprahnya di dunia desain otomotif tidak bisa dianggap enteng.

Mengawali karir di Toyota Motor Corp, Abeng Lyman justru bersinar ketika bergabung dengan Volkswagen Audi Design Center California. Disanalah dia akhirnya beberapa mobil Volkswagen yang sangat istimewa yakni Volkswagen Atlas, Volkswagen Beetle generasi kedua dan Volkswagen Microbis Type 2.

Selain 2001 VW Microbus, Abeng juga terlibat dalam beberapa model lainnya, seperti mendesain Passat Performance CC yang diperkenalkan pada tahun 2008 dan VW Ragster Concept yang diperkenalkan pada tahun 2005. Pada proyek Ragster, Abeng Lyman bertugas sebagai lead designer.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6198 seconds (0.1#10.140)