Toyota Pamerkan SUV Listrik BZAX di Shanghai Motor Show

Rabu, 21 April 2021 - 03:09 WIB
loading...
Toyota Pamerkan SUV Listrik BZAX di Shanghai Motor Show
SUV listrik BZAX akan diluncurkan pada tahun 2025 mendatang. Foto/Toyota
A A A
SHANGHAI - Toyota meluncurkan SUV listrik BZ4X di Shanghai Motor Show, Senin 19 April 2021. Saat ini, BZ4X adalah kendaraan prototipe, tetapi Toyota bermaksud untuk segera memproduksinya dan dipasarkan pada 2025.

Meskipun telah menjadi pelopor dalam kendaraan bertenaga sel bahan bakar hibrida dan bahkan hidrogen, Toyota lebih lambat untuk memasuki pasar mobil listrik dibanding produsen mobil besar lainnya, seperti General Motors dan Volkswagen.



Pada awal 2000-an, mobil hybrid Toyota Prius diterima publik dengan baik. Bahkan perlu inden yang panjang untuk memiliki mobil tersebut. Selebriti seperti Ryan Gosling, Leonardo DiCaprio, dan Cameron Diaz dipergoki paparazzi sedang mengemudikan mereka.

Produsen mobil lain dikritik karena tidak membuat model hybrid yang berpikiran maju seperti itu. Hampir 20 tahun setelah Prius generasi kedua menjadi sensasi, Toyota terlihat tertinggal membuat mobil listrik .

Toyota Pamerkan SUV Listrik BZAX di Shanghai Motor Show


BZ4X, yang sedang dikembangkan bersama Subaru, adalah satu dari 15 mobil listrik Toyota yang mulai dipasarkan secara global pada tahun 2025. Setidaknya akan ada satu pikap listrik di jajaran itu, dan tujuh dari kendaraan listrik itu akan dijual di bawah sub-merek BZ baru untuk kendaraan listrik. BZ adalah singkatan dari Beyond Zero.

Produsen mobil Jepang itu mengatakan pihaknya berencana untuk menawarkan total 70 model kendaran listrik pada tahun 2025, termasuk hibrida plug-in, hibrida reguler, dan kendaraan bertenaga hidrogen.

Toyota mengatakan berencana untuk menjadi "netral karbon" pada tahun 2050. Itu berarti produk perusahaan, serta produksinya, tidak akan menambah karbon dioksida ke atmosfer bumi. Perusahaan mobil lain, seperti General Motors dan Mercedes-Benz, telah membuat janji serupa.



Toyota akan memproduksi BZ4X di China dan menjualnya secara global pada pertengahan 2022. Toyota tidak merinci tentang mobil listrik tersebut, seperti harga dan spesifikasinya.

Ini akan menjadi SUV listrik pertama Toyota sejak Toyota Rav4 EV diproduksi 2014. Versi terbaru dari SUV listrik itu hanya dijual di beberapa bagian California. SUV Rav4 dilengkapi dengan baterai dan motor listrik yang disediakan oleh Tesla.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)