10 Tanda Ban Mobil Anda Sudah Wajib Ganti!

Minggu, 02 Mei 2021 - 23:40 WIB
loading...
A A A
Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

3. Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI

Setiap ban mobil pasti diberi indikasi TWI (Tread Wear Indicator), sebuah tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap di pakai. Jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti.

Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban.

Untuk yang di tepi, akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban.

4. Ban gundul di tengah

Selain 3 kondisi sebelumnya yang bersifat standar umum dari pabrikan ban, beberapa kondisi lain akibat pemakaian atau kebiasaan pengemudi juga bisa menyebabkan ban harus segera diganti.

Misalnya, ban mengalami kegundulan di tengah saja, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus. Jika sudah terjadi demikian, sebaiknya ban harus diganti. Karena itu artinya ketebalan ban tidak lagi seragam

5. Ban gundul di bagian tepi atau sisi tertentu

Ada juga ban yang menipis pada bagian tertentu saja, misalnya hanya di tepi sisi luar, tepi sisi dalam, atau bagian tertentu dari telapak ban.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2590 seconds (0.1#10.140)