BMW Gaet Komposer Film Batman buat Suara Knalpot Buatan Mobil Listrik

Rabu, 12 Mei 2021 - 06:00 WIB
loading...
BMW Gaet Komposer Film Batman buat Suara Knalpot Buatan Mobil Listrik
BMW i4 adalah salah satu mobil listrik terbaru yang dirilis oleh BMW tahun ini. Foto/Carbuzz.
JAKARTA - BMW mengadakan kerja sama khusus dengan komposer film dan penata suara film-film bertaraf Hollywood untuk membuat suara knalpot buatan mobil listrik. Komposer film dan penata suara yang mereka gaet tidak lain dan tidak bukan adalah penata suara peraih piala Oscar, Hans Zimmer. Diketahui Hans Zimmer merupakan penata suara dan music arranger untuk film kelas dunia seperti Gladiator, Batman The Dark Knight dan sebagainya.

Baca juga : Jadi Hiasan Dinding, Fairing Motor Casey Stoner Dijual Rp100,8 Juta

Kehadiran Hans Zimmer diharapkan bisa memberikan efek suara yang tidak pernah dimiliki oleh mobil listrik. Berbeda dengan mobil konvensional yang menghasilkan suara yang keluar melalui knalpot, mobil listrik sama sekali tidak menghasilkan suara. Makanya keberadaan knalpot sama sekali tidak berguna buat mobil listrik.

Masalahnya adalah ada peraturan lalu lintas yang mewajibkan mobil listrik memiliki suara agar bisa dideteksi oleh pengguna jalan lainnya. Selain itu banyak penggemar otomotif justru rindu dengan suara knalpot yang menggoda telinga. Apalagi banyak mobil-mobil sport seperti Ferrari, Lamborghini, Mercedes-Benz AMG dan BMW M memiliki suara knalpot yang khas.



BMW Gaet Komposer Film Batman buat Suara Knalpot Buatan Mobil Listrik


Nah untuk BMW, mereka tidak ingin BMW M yang dikenal dengan suara knalpot yang menggoda itu kehilangan suaranya yang khas meski beralih ke elektrifikasi. Dari situlah mereka mengajak Hans Zimmer membuat suara knalpot buatan untuk mobil-mobil listrik BMW M.

"Setiap BMW memiliki karakternya sendiri, yang tercermin dari suaranya," jelas Hans Zimmer. "Jadi untuk model BMW M yang digerakkan secara elektrik, kami telah mengembangkan suara mengemudi yang menonjolkan pengalaman berkendara emosional mereka dengan sangat jelas dan memastikan performa mereka dapat dirasakan dengan intensitas yang lebih besar," sambungnya lagi.

Baca juga : Mercedes-Benz Bikin Low MPV Listrik, Apa Saja Istimewanya?

BMW sendiri sudah merilis konsep suara yang telah dibuat Hans Zimmer melalui YouTube resmi mereka. Suara knalpot artifisial yang mereka namakan "IconicSound Electric" itu rencananya akan dihadirkan sebagai fitur standar di SUV listrik baru mereka BMW iX dan BMW i4 M50 pada 2022. Selain itu akan jadi fitur opsional untuk BMW i4 standar.

Nantinya suara knalpot buatan itu akan menyesuaikan dengan pilihan mode berkendara yang dipilih oleh pemilik mobil. Suara knalpot akan dibuat semerdu mungkin ketika berkendara dalam mode Comfort Mode. Sebaliknya suara akan sangat dominan dan bertenaga jika pengemudi berkendara di mode Sport. Untuk mode EcoPro, mobil justru sama sekali tidak menghasilkan suara seperti mobil listrik pada umumnya.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE