Sebentar Lagi, Fisker dan Foxconn Bikin Mobil Listrik di AS

Sabtu, 15 Mei 2021 - 00:04 WIB
loading...
Sebentar Lagi, Fisker dan Foxconn Bikin Mobil Listrik di AS
Salah satu varian mobil listrik FISKER. FOTO/ IST
BEIJING - Fisker Inc . mengumumkan telah memasuki tahap akhir dalam serangkaian pembicaraan untuk mencapai kesepakatan untuk mengizinkan Foxconn Technolofgy Co Ltd membuka pabrik di AS pada tahun 2023 untuk merakit mobil listrik (EV).

Seperti dilansir dari Xedong, Menurut CEO Fisker Henrik Fisker, lokasi pasti pabrik tersebut belum ditentukan, tetapi empat negara sedang dalam pertimbangan, termasuk pabrik Foxconn yang masih dalam pembangunan di Wisconsin.

BACA JUGA - Ilmuwan Pastikan Vaksin Covid-19 Harus Disempurnakan seperti ASI
Modenas

Pabrik perakitan Fisker akan memiliki kapasitas produksi hingga 150.000 unit per tahun dan Fisker yakin peluncuran produk di AS adalah keputusan yang bijaksana berdasarkan rekam jejak masa lalu dari produk teknologi tinggi yang paling sukses secara global.



Fisker juga mengatakan kemampuan Foxconn di industri manufaktur chip semikonduktor akan menjadi keuntungan bagi perusahaannya.

Pabrik akan merakit EV menggunakan platform ringan FP28 baru yang dirancang oleh Fisker serta Foxconn. Meskipun genre kendaraan belum ditentukan (meskipun Fisker sendiri mengatakan kemungkinan besar adalah crossover), ia mampu membawa lima penumpang dan target harga di AS di bawah USD 30.000, sebelum adanya insentif pajak.

Desember lalu, Magna International Inc akan merakit Fisker EV, Ocean SUV untuk pasar Eropa. Proyek tersebut akan dimulai kuartal keempat tahun depan.

Fisker juga tidak tahu siapa pemasok baterai untuk EV mereka.
Foxconn mulai terkenal sebagai kontraktor perakitan produk iPhone yang berlokasi di Cina.

Itu telah memotong anggaran untuk pembangunan pabrik state-of-the -art di Wisconsim (digambarkan di atas) yang seharusnya digunakan untuk memasang layar perangkat.

Awalnya, pihaknya mengatakan akan menginvestasikan USD 10 miliar untuk pembangunan pabrik tetapi bulan lalu perusahaan Taiwan itu mengumumkan hanya akan menginvestasikan USD 672 juta.



Itu juga memangkas jumlah pekerjaan yang akan ditawarkan dari 13.000 orang menjadi 1.454 orang saja.

Seperti yang Anda lihat, Foxcon memang terbukti menjadi perusahaan teknologi yang sukses sebagai kontraktor instalasi, sedangkan Fisker adalah perusahaan EV yang pandai membuat pernyataan untuk masa depan.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE