Wiper Mobil Tiba-tiba Tak Berfungsi, Begini Cara Perbaikinya

Minggu, 23 Mei 2021 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Cara selanjutnya, Anda bisa coba periksa gigi motor penggerak wiper. Selain sekring wiper, komponen ini juga bisa menyebabkan adanya gangguan pada dinamo wiper mobil . Biasanya, gangguan pada gigi motor penggerak disebabkan oleh penumpukan kotoran atau pengendapan grease (sisa pelumas wiper) pada permukaan gigi.

Sebagai cara memperbaiki dinamo wiper mobil, Anda cukup membersihkan permukaan gigi motor penggerak. Ganti pelumas wiper secara berkala agar tidak ada endapan grease yang bisa menghambat kerja gigi motor penggerak wiper mobil.

Namun, jika gigi motor penggerak wiper rusak karena korosi atau karat, sebaiknya Anda melakukan penggantian. Gigi motor penggerak yang rusak karena korosi tidak bisa dibersihkan dan memang harus diganti dengan spare part baru.



3. Ganti dinamo wiper

Cara terakhir jika dua cara sebelumnya tidak berhasil adalah mengganti dinamo wiper. Coba periksa apakah lampu indikator wiper mobil menyala atau tidak. Jika lampu tidak menyala, ketuk dinamo wiper dengan palu karet. Jika wiper bergerak, maka bisa disimpulkan memang ada kerusakan pada dinamo wiper.

Bisa jadi komutator dinamo ada lilitan yang terbuka pada angker dinamo. Kedua hal ini bisa menyebabkan arus listrik tidak mengalir dan wiper pun tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk mengganti dinamo wiper sebaiknya Anda datang ke bengkel karena prosesnya cukup rumit dan kompleks.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3840 seconds (0.1#10.140)