Udah Pada Aus, Ini Ciri-Ciri Mobil yang Pernah Turun Mesin!

Rabu, 09 Juni 2021 - 23:05 WIB
loading...
Udah Pada Aus, Ini Ciri-Ciri Mobil yang Pernah Turun Mesin!
Mobil yang pernah turun mesin dianggap sebagai momok yang mengerikan bagi pembeli mobil bekas. Foto: ist
JAKARTA - Tren membeli mobil bekas saat ini nampaknya masih di gandrungi oleh masyarakat banyak. Faktanya yang terjadi bahwa jika Anda beruntung membeli mobil bekas bisa mendapatkan harga yang miring jauh dari pasaran loh.

Namun jangan langsung tergiur dengan harga murah ya. Anda harus tetap waspada, bisa jadi mobil yang Anda beli dengan harga miring pernah mengalami turun mesin. Pasalnya mobil yang pernah turuh mesin menjadi momok yang mengerikan bagi para pembeli.

BACA JUGA: Review Xiaomi Redmi Note 10S, Benarkah Ponsel Mid-Range Terbaik di Harga Rp2 Jutaan?

Menurut Auto2000, ini dikarenakan mobil yang sudah tidak sehat kondisinya sehingga diharuskan untuk di perbaiki dengan cara di bongkar dan menurunkan mesin.



Untuk menghindari hal tersebut yuk simak. Berikut ini dilansir dari beberapa sumber ciri-ciri mobil yang sudah pernah mengalami turun mesin:

1. Ruang mesin yang bersih

Ciri pertama yang mudah Anda temui dengan cara melihat ruang mesin. Jika Anda mendapati mobil dengan ruang mesin yang sangat bersih maka Anda ada harus mempertanyakanya. Faktanya turun mesin atau yang disebut dengan overhaul ini mengharuskan penurunan mesin dengan cara dibongkar dan diperbaiki lalu di akhiri dengan melakukan pembersihan ruang mesin secara menyeluruh.

Akan tetapi Anda juga mesti mempertanyakan kepada pemilik mobil tersebut. Apakah sudah pernah melakukan pembongkaran turun mesin atau tidak.

2. Lubang baut dan baut terlihat lecet

Satelah melihat keadaan ruang mesin selanjutnya Anda bisa melihat kondisi baut-baut yang menempel pada kontruksi mesin mobil. Bila terdapat lubang baut atau baut yang lecet itu sudah mengindikasikan bahwa mesin tersebut sudah pernah melakukan pembongkaran dengan melepas baut. Hal itu dikarenakan bahwa umur baut yang sudah lama akan menyulitkan bengkel untuk membongkarnya. Maka jika baut itu sudah terbongkar pasti akan meninggalkan lecet dan goresan alus.



3. Seal pada rongga mesin terlihat baru

Ini juga bisa menjadi sebuah ciri-ciri bahwa mobil pernah melakukan pembongkaran pada sektor mesin. Bisa di kenali dengan cara melihat dengan detail bagian karet atau seal pada head atau blok mesin. Bila menemukan adanya seal baru biasanya akan terlihat baru tetapi memasangnya kurang rapi.

Hal ini dikarenakan bedanya pemasangan oleh mesin dan tangan manusia. Pembongkaran yang dilakukan pada tangan manusia pasti terlihat bagian karet yang dipasang tidak presisi atau timbulnya bercak lem packing yang terlihat tidak rapi.

BACA JUGA: Harga, Spesifikasi, dan Alasan Beli Samsung Galaxy M62

Itu lah ciri-ciri sederhana dan simpel mengenai mobil yang pernah turun mesin atau tidak. Pastikan dalam membeli mobil bekas dengan mengecek keseluruhan mesin mobil. Supaya mobil yang Anda beli tidak menimbulkan banyak perbaikan dan tetap awet saat digunakan.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE