Biar Nggak Gagap Saat Kelistrikan Mati, Kenali Kode Sekring pada Mobil

Kamis, 10 Juni 2021 - 21:08 WIB
loading...
Biar Nggak Gagap Saat Kelistrikan Mati, Kenali Kode Sekring pada Mobil
Cara baca kode kelistrikan pada mobil merupakan salah satu yang hal cukup perlu diketahui oleh pengemudi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara baca kode kelistrikan pada mobil merupakan salah satu yang hal perlu diketahui oleh pengemudi. Dengan sistem kelistrikan yang cukup kompleks, terkadang masalah kecil saja sudah cukup membuat pusing.

Masalah kelistrikan mobil memang menjadi perhatian khusus. Ada beberapa masalah kelistrikan yang cukup sering terjadi. Sebut saja headlamp yang mati, lampu rem mulai macet, atau radio tidak berfungsi sama sekali.



Padahal setiap bagian tersebut sangat penting untuk tetap bekerja normal setiap digunakan. Biasanya, penyebab dari masalah tersebut adalah sekring yang putus.

Kalau sudah begini, pengemudi harus segera mengganti sekring putus tersebut dengan yang baru. Namun proses penggantian harus hati-hati. Alih-alih membereskan sekring yang putus , jangan malah salah menggantinya. Selain itu, masalah seperti korslet juga bisa muncul.

Sebenarnya sekring mobil memiliki arti kode tersendiri yang bisa diketahui sendiri. Arti dan kode ini menunjukkan besaran daya dan komponen tempat mengalirnya arus listrik. Setiap mobil memiliki arti kode sekring yang berbeda-beda.



Biasanya mobil memiliki lebih dari satu kotak sekring. Contoh kodenya seperti H-LP RH dan H-LP LH.

Berikut ini daftar beberapa kode sekring yang biasanya ada pada mobil, dilansir dari Blog Auto2000, Kamis (10/5/2021).

• H-LPH RH: Lampu headlamp kanan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)