Sistem Pengapian Bermasalah? Kenali Ciri-Ciri Busi Mobil Minta Diganti

Kamis, 10 Juni 2021 - 23:13 WIB
loading...
Sistem Pengapian Bermasalah? Kenali Ciri-Ciri Busi Mobil Minta Diganti
Busi berperan untuk pengapian dari campuran bensin dan udara yang telah dikompresi pada piston. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Busi merupakan komponen yang penting dalam mesin mobil . Pasalnya busi berperan untuk pengapian dari campuran bensin dan udara yang telah dikompresi pada piston.

Sayangnya, kondisi busi sering diabaikan pemilik kendaraan mobil. Padahal busi memiliki masa pakainya yang seiring berjalannya waktu akan membuat sistem pengapian tidak berkerja secara optimal.



Bahkan jika busi tersebut rusak maka mesin mobil tidak akan menyala karena tidak ada pengapian dalam ruang bakar mesin. Dikutip dari Auto200, berikut ciri ciri busi harus di ganti:

1. Mobil terasa bergetar pada posisi idle

Ciri-ciri pertama adalah jika Anda merasakan getaran saat mobil dalam posisi idle (mesin hidup namun mobil tidak bergerak), bisa jadi itu adalah tanda busi mobil harus segera diganti.
Biasanya mobil dalam posisi idle, putaran mesin cenderung halus sehingga tidak menghasilkan getaran.

2. Mobil susah untuk distarter

Ciri-ciri yang kedua adalah mesin mobil sulit di starter. Hal ini disebabkan karena komponen busi memang berhubungan erat dengan sistem starter mobil.

Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian yang bertugas untuk mengolah bahan bakar agar mesin mobil dapat dihidupkan dengan mudah.

Jika busi itu rusak, maka sistem pengapian terganggu dan bahan bakar tidak bisa diolah menjadi tenaga untuk menggerakkan mobil. Maka mobil Anda tidak bisa di nyalakan .



3. Tarikan mobil berat tidak bertenaga

Ciri-ciri ketiga busi mobil harus diganti juga bisa dilihat dari performa kendaraan mobil. Busi yang berumur akan memperlemah daya pengapian dan mengganggu performa mobil.

Biasanya, mobil akan terasa berat tidak bertenaga jika busi perlu diganti. Terutama saat melakukan kickdown pada pedal gas mobil.

Terasa lemah dan tersendat-sendat. Ini karena busi tidak dapat menghasilkan percikan bunga api yang sempurna pada ruang bakar.

4. Busi berwarna hitam

Ciri-ciri keempat adalah perubahan warna pada sumbu elektroda busi. Busi baru memiliki warna berwarna putih dengan tampilan sumbu logam pada bagian kepalanya.

Saat digunakan, busi akan berubah warna menjadi hitam. Hal itu disebabkan karena penumpukan kotoran dan carbon residu pembakaran bahan bakar. Dampaknya busi pun tidak dapat bekerja optimal.

Akibat dari penumpukan residu maka akan menghalangi percikan api pada busi pada proses pembakaran.



Dampak yang ditimbulkan jika dibiarkan adalah keluarnya asap hitam pada knalpot mobil.

5. Mobil terasa brebet

Ciri-ciri kelima yang bisa dirasakan adalah munculnya getaran saat sedang berakselerasi. RPM mobil akan sulit naik dan terasa brebet yang di dasari seperti mobil pincang.

Pasalnya jika Anda melakukan akselerasi maka RPM akan cepat naiknya untuk memberikan seluruh tenaganya dengan optimal. Jika terjadi brebet atau mesin pincang segera ganti busi mobil Anda.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8207 seconds (0.1#10.140)