Sejarah Toyota, dari Perusahaan Mesin Jahit Menjadi Raksasa Otomotif

Jum'at, 11 Juni 2021 - 18:01 WIB
loading...
Sejarah Toyota, dari Perusahaan Mesin Jahit Menjadi Raksasa Otomotif
Toyota adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Tokyo, Jepang, ini didirikan pada 28 Agustus 1937 silam. Foto/dok
JAKARTA - Toyota adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Tokyo, Jepang, ini didirikan pada 28 Agustus 1937 silam.

Pendirinya adalah Kiichiro Toyoda, anak tertua dari Sakichi Toyoda, sang pencetus industri Toyota yang semula membuat mesin jahit pada awal 1900-an.

BACA: Toyota Hilux, Mobil yang Selalu Hadir di Setiap Wilayah Konflik

Saat itu, Sakichi Toyoda mampu menjadi titik terang bagi industri Jepang. Pekerjaan para buruh tenunnya juga dipermudah berkat mesin otomatis, yang mampu menambah kapasitas serta efisiensi produksi tekstil kala itu.



Keterampilan Sakichi dalam bekerja juga turun kepada Kiichiro. Pasalnya, sejak kecil ia sudah terbiasa melihat ayahnya bekerja di pabrik.

Usai lulus dari universitas, Kiichiro bergabung dengan perusahaan milik keluarga, Toyoda Automatic Loom Works, sebagai cikal bakal Toyota Industries Corporation.

Meski diamanatkan untuk meneruskan bisnis mesin jahit, tetapi Kiichiro rupanya lebih menyukai industri otomotif, yang ketika itu dianggap sebagai keputusan penuh risiko.

Sejarah Toyota, dari Perusahaan Mesin Jahit Menjadi Raksasa Otomotif


Sebab, di tahun itu, belum banyak perusahaan Jepang yang terjun di industri otomotif. Meski begitu, rencana Kiichiro untuk memproduksi kendaraan di dalam negeri ternyata langsung mendapat dukungan dari pemerintah Jepang.

BACA JUGA: Ilmuwan Lepas 5 Juta Nyamuk Terinfeksi Bakteri Wolbachia di Yogyakarta



Mendapat angin segar, pada 1929 Kiichiro terbang ke Eropa dan Amerika Serikat (AS) untuk mempelajari serta mengambil inspirasi dalam pengembangan industri otomotif.

Di Negeri Paman Sam, pabrikan besar seperti Chevrolet dan Ford sudah lebih dulu berdiri. Kiichiro hingga berkali-kali keluar masuk pabrik di Detroit untuk mempelajarinya.

Pada 1935, mobil pertama asal Jepang bernama Model A1 berhasil diciptakan. Mobil ini dirakit dari komponen-komponen mobil asal AS, yang saat itu banyak mengaspal di Negeri Sakura.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE