Toyota Hilux, Mobil yang Selalu Hadir di Setiap Wilayah Konflik

Rabu, 26 Mei 2021 - 07:00 WIB
loading...
Toyota Hilux, Mobil yang Selalu Hadir di Setiap Wilayah Konflik
Toyota Hilux memiliki bagasi yang mampu mengangkut tentara dengan jumlah yang cukup untuk perang gerilya. Foto/IST
PALESTINA - Dua dekade lalu, Chicago Tribune pernah memberi julukan kepada Toyota Hilux sebagai mobil yang selalu muncul di wilayah-wilayah konflik. Baru-baru ini parade kemenangan yang digelar oleh Hamas di kawasan Gaza, Palestina membuktikan bahwa julukan itu memang masih relevan.

Di parade tersebut, seluruh pasukan khusus Hamas yang dinamakan Brigade Al Qassam ramai-ramai mengendarai dan menumpang mobil yang juga dijual di Indonesia, Toyota Hilux. Mobil pikap kebanggaan Toyota itu bukan hanya sekadar mengangkut pasukan Brigade Al Qassam tapi juga dimodifikasi khusus guna mampu membawa senjata khusus yang dimiliki Brigade Al Qassam mulai dari roket dan senapan mesin.

Baca juga : Gunakan Roket SpaceX, Tesla Roadster Berakselerasi 0-90 KPJ 1,1 Detik

Yang dilakukan Brigade Al Qassam dengan Toyota Hilux memang bukan hal yang baru. Sejarah membuktikan Toyota Hilux selalu hadir di berbagai wilayah yang terjadikonflik. Di setiap masa dan di setiap daerah konflik. Mulai dari Taliban, ISIS, bajak laut Somalia hingga Brigade Al Qassam selalu hadir dengan Toyota Hilux.



Toyota Hilux, Mobil yang Selalu Hadir di Setiap Wilayah Konflik


Bahkan pada tahun 1980-an ketika di Afrika terjadi perang antara Libya dan Chad, perang ini bisa dibilang sebagai “perang Toyota”. Kendaraan yang digunakan oleh kedua belah pihak kebanyakan adalah Toyota Hilux.

Saking seringnya digunakan oleh orang-orang yang berperang di wilayah konflik, Andrew Exum dari Center for a New American Security menyamakannya dengan senjata AK 47. “Toyota Hilux ada di mana-mana. Kendaraan ini setara dengan AK-47.Ada di mana-mana di setiap perang," ujarnya.

Dr Alastair Finlan, analis studi strategis di Universitas Aberystwyth Inggris mengatakan bahwa jenis kendaraan seperti Toyota Hilux memang merupakan jadi mobil yang ideal digunakan untuk berperang. Mobil itu memiliki tingkat fungsionalitas yang tinggi dibandingkan mobil lainnya. Jenis kendaraan ini akan sangat cocok untuk gaya perang gerilya.

Baca juga : Mobil Listrik di Ibu Kota Baru akan Gunakan Baterai Buatan Indonesia
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE