Yuk Ketahui Bahaya Microsleep dan Cara Mengatasinya Saat Berkendara

Selasa, 15 Juni 2021 - 08:05 WIB
loading...
Yuk Ketahui Bahaya Microsleep dan Cara Mengatasinya Saat Berkendara
Foto/dok
JAKARTA - Terdapat berbagai kasus kecelakaan yang terjadi dijalan ditimbulkan dari kejadian Microsleep . Di lansir dari Auto2000, Microsleep adalah gangguan tidur ringan yang terjadi dalam waktu singkat, sekitar 5-10 detik saja.

Meskipun singkat, jika microsleep terjadi pada saat Anda berkendara maka hilangnya fokus akan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan.

BACA: Penting, Tips Mengendarai Mobil di Jalan Menanjak Agar Kopling Awet

Coba bayangkan jika seseorang mengemudikan mobil pada kecepatan 80 km/jam dan kemudian terjadi microsleep selama lima detik. Waktu singkat tersebut mobil melaju tanpa kendali hingga 125 meter.



Tentu hal tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan yang fatal. Kebanyakan orang tidak sadar bila ia sedang mengalami tidur singkat.

Microsleep biasa disebabkan karena faktor kelelahan, kurang tidur, dan pola tidur yang berantakan sehingga dapat merusak fokus dalam berkendara.

Tentunya microsleep ini harus dihindari di dalam mengendarai sebuah kendaraan. Itu merupakan kondisi dimana akan sangat berbahaya apabila Anda paksakan untuk melanjutkan kembali perjalanan. Ada beberapa cara mengenai cara mengatasi microsleep saat melakukan perjalanan :

1. Penuhi kebutuhan tidur Anda

Perlunya waktu istirahat untuk membuat Anda merasa vit dan tidak mengantuk saat melakukan perjalanan. Orang dewasa memerlukan istirahat tidur setidaknya 7-9 jam dalam satu hari. Jika Anda merasa kurang tidur sebaiknya lanjutkan istirahat Anda dan jangan melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

BACA JUGA: Kenali Bentuk Penipuan Kartu Kredit dan Pencegahannya



2. Sebelum berkendara lakukan peregangan ringan

Alangkah baiknya jika Anda ingin mengemudikan kendaraan sebelumnya lakukan stretching (peregangan ringan) dan pemanasan. Hal ini bertujuan untuk supaya badan vit dan tidak cepat merasa lelah saat mengemudi.

3. Istirahat Jika melakukan perjalanan jauh
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE