Ini Penyebab Tarikan Mobil Berat Ketika Menghidupkan AC

Minggu, 20 Juni 2021 - 17:08 WIB
loading...
A A A


AC akan bekerja dua kali lipat agar bisa tetap menghasilkan udara dingin pada kabin mobil. Nah, situasi inilah yang kemudian membuat tarikan mesin mobil terasa berat.

Cara mengatasinya dengann membersihkan seluruh saluran AC supaya tidak terhambat oleh kotoran sehingga kinerja mobil menjadi enteng.

3. Jarang ganti oli

Oli ibarat darah bagi mobil. Tanpa adanya oli, sangat tidak mungkin sebuah mobil dapat berfungsi normal. Untuk itu, Anda selalu rutin cek kondisi oli pada mobil dan lakukan penggantian oli secara berkala untuk menjaga kinerja mesin.

Tidak mengganti oli secara berkala ternyata juga bisa membuat mesin mobil berat saat AC hidup. Oli mobil yang sudah terlalu lama digunakan akan membuat komponen mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Oleh karenanya, gantilah oli mobil Anda secara berkala.

4. Kesalahan penyetelan RPM

Berikutnya yang bisa menjadi indikasi penyebab mesin mobil berat saat AC hidup yaitu kesalahan dalam penyetelan RPM (revolutions per minute). RPM mesti konstan tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi penyetelannya.



Umumnya, RPM saat mobil dalam kondisi diam dan AC mati adalah 800 rpm. Sedangkan jika AC dinyalakan, maka akan meningkat menjadi 900-1000 rpm.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)