Mengetahui 4 Fungsi Utama Flywheel atau Roda Gila pada Mobil

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 21:30 WIB
loading...
A A A
Melihat ke fungsi pertama, berkat kemampuan untuk menyimpan energi putar, maka flywheel yang dipasang pada bagian crankshaft mampu menyeimbangkan kinerja mesin. Jika ada putaran yang tidak merata, flywheel akan melepaskan energi kepada piston yang tidak menghasilkan daya.

Berputar pada kecepatan putaran yang tidak seimbang pada bagian mesin kendaraan bisa diredam dengan lebih baik serta disesuaikan secara otomatis oleh flywheel.

3. Untuk memasang kopling mobil

Flywheel juga berfungsi untuk memasang komponen kopling mobil khusus untuk transmisi manual saja. Untuk transmisi otomatis, flywheel mengikat komponen Torque Converter.

Salah satu komponen kopling bernama Clutch Cover biasanya dipasang menyatu dengan flywheel. Di bagian tengah antara flywheel dengan Clutch Cover, dipasangkan plat kopling yang terhubung dengan poros transmisi. Jadi saat plat kopling terjepit flywheel dan Clutch Cover, maka bisa memutar poros transmisi.

Sebaliknya, jika tidak terjepit, maka tenaga putar mesin menjadi terputus sehingga poros transmisi terbebas dari hal tersebut.

4. Memutar mesin pertama kali saat starter

Fungsi flywheel yang keempat adalah untuk memutar mesin pertama kali saat distarter. Di bagian tepian flywheel, ada ring gear yang berkait dengan pinion gear starter.

Saat mulai distarter, maka akan memutar flywhe el. Hasilnya, ada efek domino ke bagian lain di dalam mobil, seperti piston yang juga bekerja.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)