Yuk Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakan Rem Tangan

Minggu, 15 Agustus 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Sesuai dengan cara menggunakan, rem terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini jenis dan penjelasannya.

• Rem jenis stik

Mobil manual dan otomatis masih menggunakan rem jenis ini. Bentuknya sendiri berupa stik dan letaknya di konsol tengah, tepatnya di samping kiri kursi pengemudi. Bagian ujungnya dilengkapi dengan tombol yang bisa ditekan.

Fungsi tombol tersebut adalah untuk melepaskan kunci gear agar stik bisa naik atau diturunkan sesuai kebutuhan. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol kemudian naik atau turunkan stik.

• Rem jenis pedal

Jenis yang kedua ini letaknya sejajar dengan pedal gas. Sesuai dengan namanya yaitu pedal, maka cara penggunaannya adalah dengan diinjak seperti gas dan kopling. Saat ini mobil otomatislah yang menggunakan jenis rem ini.

Pengemudi harus menginjak rem sampai dalam agar berfungsi dan mengunci, sedangkan untuk mengembalikannya tinggal injak yang dalam sekali lagi.

• Rem jenis tombol

Dibandingkan kedua jenis rem tangan mobil di atas, model tombol adalah model yang paling mudah digunakan. Cara menggunakannya adalah dengan menarik tuas sedikit yang ada pada tombol rem. Maka rem akan bekerja dan mobil akan berhenti.

Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9472 seconds (0.1#10.140)