Yuk Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakan Rem Tangan

Minggu, 15 Agustus 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Model rem tangan mobil ini seperti rem tromol, hanya saja letaknya ada di antara transmisi dan poros propeller.

4. Kerusakan apabila rem tangan terlambat digunakan

Cara penggunaan rem pada mobil wajib diperhatikan dan diterapkan dengan benar. Masih banyak pengemudi yang menyepelekan akan hal ini. Ujung-ujungnya sistem pengereman akan rusak dan perlu mengeluarkan biaya lebih banyak.

Kelalaian yang sering terjadi seperti lupa menurunkan rem tangan ketika berkendara. Jika hal ini dilakukan terus menerus, dampak berikut ini akan terjadi.

• Kampas rem aus

Masalah yang paling sering terjadi adalah kampas rem menjadi aus. Pengikisan kampas rem akan terjadi ketika kinerja rem semakin berat. Hal ini memang tidak terjadi secara langsung, namun dalam jangka waktu panjang.

• Kampas rem copot

Selain aus, kampas rem tangan mobil juga mudah copot. Hal ini disebabkan roda dipaksa berputar padahal rem masih aktif. Oleh karena itulah tenaga mesin akan tertahan dan menekan kampas rem sehingga cepat copot.

• Kampas rem menempel di tromol

Saat posisi mesin masih aktif dan pengemudi memaksakan penggunaan rem tangan, maka peluang kampas menempel pada bagian tromol menjadi lebih besar. Sebab kondisi rem basah akan membuatnya mudah menempel.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)