Mobil Skoda yang Mewarnai Hari Proklamasi Republik Indonesia tahun 1945

Selasa, 17 Agustus 2021 - 13:00 WIB
loading...
A A A
Beberapa waktu kemudian, rombongan berkumpul di depan pendapa termasuk tiga buah mobil yang menunggu, termasuk Skoda milik Soebardjo.

Tepat jam 9 malam, rombongan mulai bergerak menuju Jakarta. Di mobil Skoda, Sukarni duduk antara Soebardjo dan pengemudi. Sedangkan di jok belakang Sukarno, Fatmawati, dan Guntur bayi.




Mobil Skoda yang Mewarnai Hari Proklamasi Republik Indonesia tahun 1945


Setelah sampai Jakarta, Sukarno dan Hatta semalaman bergadang di rumah Maeda. Di sanalah teks proklamasi dipersiapkan dan dibacakan pada 17 Agustus 1945.Sebuah peristiwa monumental bagi Republik Indonesia yang merayakannya hari ini. Dan sebuah mobil Skoda siapa nyana, ikut ambil bagian di dalamnya.

Sayang, sama sekali tidak disebutkan mobil Skoda apa yang digunakan Subardjo kala itu. Hanya saja jika dilihat dari masanya maka ada dua mobil Skoda yang bisa saja dimiliki Subardjo yakni Skoda Superb dan Skoda Tudor.

Skoda Tudor adalah mobil dengan konfigurasi dua pintu yang individual. Bentuknya lebih ramping dan tidak terlalu lega jika digunakan oleh penumpang lebih dari tiga orang. Sementara Skoda Superb justru masuk dalam kategori mobil keluarga. Terdiri dari empat pintu dan dimensinya lebih panjang terutama di bagian penumpang baris kedua.

Hanya saja dalam video yang diunggah Museum Perumusan Naskah Proklamasi dengan judul Film Dokumenter - Perumusan Naskah Proklamasi, mobil Skoda yang digunakan terlihat adalah Skoda Tudor. Begitu juga dengan penelusuran Google melalui dokumentasi lama dimana yang terlihat memang adalah Skoda Tudor yang bentuknya lebih ramping.

Yang pasti nama Skoda sudah menjadi bagian penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Meski saat ini merek mobil dari Eropa itu tidak masuk ke pasar otomotif Indonesia secara resmi.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4823 seconds (0.1#10.140)