Penyebab Pengapian Motor Macet dan Cara Mengatasinya

Minggu, 22 Agustus 2021 - 22:05 WIB
loading...
Penyebab Pengapian Motor Macet dan Cara Mengatasinya
Tapi jika tak dirawat, motor bisa kehilangan pengapian. Dampaknya adalah motor mogok atau tidak akan menyala meskipun sudah distarter. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tidak adanya pengapian pada sepeda motor adalah salah satu jenis gangguan yang paling sering terjadi. Pengapian pada kendaraan membutuhkan banyak sekali komponen sehingga mampu menciptakan percikan bunga api di dalam ruang bakar.

Kendaraan bermotor konvensional menggunakan BBM dan percikan api di ruang bakar untuk menciptakan pengapian. Kemudian pengapian ini akan diubah menjadi tenaga penggerak sehingga motor bisa melaju.

BACA JUGA: Mengapa Prosesor Dimensity 700 Banyak Digunakan HP 5G Murah?

Tapi jika tak dirawat, motor bisa kehilangan pengapian. Dampaknya adalah motor mogok atau tidak akan menyala meskipun sudah distarter. Mogoknya motor karena tidak ada pengapian bisa terjadi kapan saja, sehingga pengendara perlu tahu penyebabnya.

Tapi ketika motor tiba-tiba mogok pengendara tidak perlu panik dan bingung. Cukup dengan mengecek penyebab hilangnya pengapian berikut ini, dilansir dari blog Suzuki, Minggu (22/8).

1. Kerusakan aki motor injeksi

Bagi yang telah menggunakan motor injeksi, masalah pengapian kendaraan bisa berasal dari aki. Rusaknya aki motor ini akan membuat mesin kendaraan tidak akan menyala karena tidak ada pengapian yang terjadi.

Untungnya untuk tahu apakah sumber masalahnya berasa dari aki, bisa mengecek bagian indikator pada stang motor. Indikator aki ini akan menyala saat kunci kontak berada dalam posisi on.

Tidak perlu mengecek perangkat secara langsung, karena aki sudah pasti habis dayanya atau rusak. Sedangkan motor dengan sistem karburator tidak akan berpengaruh jika komponen aki mengalami kerusakan.

Jadi masalahnya bukan berasal dari aki jika menggunakan motor jenis karburator. Untuk mengatasi masalah ini hanya bisa dilakukan dengan ganti aki yang baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)