Hati-hati, Ini Penyebab Motor Nge-gas Sendiri

Rabu, 04 September 2024 - 18:23 WIB
loading...
Hati-hati, Ini Penyebab...
Ketidakstabilan gas mengindikasikan masalah pada motor. Foto/Wahana Honda
A A A
JAKARTA - Mengendarai motor bisa menjadi pengalaman berbahaya jika salah satu bagian suku cadangnya mengalami kendala. Salah satu yang kerap bermasalah, yaitu gas motor .

Biasanya masalah pada gas motor naik turun sendiri terlihat saat menyalakan motor pertama kali dari kondisi dingin. Pada motor injeksi, gas motor akan naik turun ketika start awal dan hal ini sangat umum karena choke otomatis sedang bekerja normal.

Ketidakstabilan gas terus berlangsung hingga beberapa menit mengindikasikan masalah pada motor. Melansir laman suzuki.co.id berikut penyebab motor nge-gas sendiri.

1. Kabel gas bermasalah


Komponen kabel ini biasanya jarang diganti karena cukup awet hingga lebih dari lima tahun. Masalah pada kabel bisa saja terjadi setelahnya atau akibat pemakaian. Kabel yang seharusnya sudah diganti biasanya berkarat pada bagian selongsong gas atau karet penutupnya robek dan retak.

Setelan kabel gas ini juga harus benar sehingga tidak tertekuk yang membuat gerakan kawat dalam selongsong gas tidak lancar. Setelan yang terlalu rapat akan membuat tarikan terlalu kencang ketika grip sedikit saja digerakkan.


2. Choke otomatis rusak


Choke otomatis berfungsi membantu menambah debit bensin ketika motor masih dingin. Choke otomatis bekerja saat pengendara pertama kali menyalakan kendaraan.

Penyebab gas motor naik sendiri ketika mengalami kerusakan karena suplai bensin ke ruang bakar jadi berlebihan ketika motor posisi idle atau tidak.

Cara untuk mengetahui bahwa kerusakan berasal dari choke otomatis dengan menyalakan kendaraan dari kondisi dingin pada posisi idle. Jika gas tetap naik turun meskipun mesin sudah panas, maka choke otomatis error, lalu muncul suara berdengung.

3. Filter udara kotor


Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas berasal dari filter udara sebagai penyaring kotoran yang berada di udara sehingga pembakaran terjadi dengan sempurna. Kotoran yang menumpuk pada saringan udara ini akan membuat pasokan udara dalam ruang bakar berkurang.

Akibatnya tenaga yang dihasilkan akan tidak stabil yang mengakibatkan gas motor menjadi naik turun sendiri. Meskipun pengendara sudah menarik gas tinggi, pembakaran yang tidak sempurna akan membuat masalah ini tidak teratasi.

Cara mengatasinya dengan membersihkan filter udara. Apabila saringan udara sudah tidak mampu menarik, maka bisa menggantinya dengan yang baru.


4. Jarak busi tak sesuai standar


Pada bagian busi terdapat jarak supaya besar kecilnya percikan api yang dihasilkan normal. Semua pabrikan motor selalu memiliki pengaturan standar pada jarak busi ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)