Amerika Serikat Siapkan Taksi-taksi Terbang Siap Tempur, Ini Bocorannya

Kamis, 26 Agustus 2021 - 07:00 WIB
loading...
Amerika Serikat Siapkan Taksi-taksi Terbang Siap Tempur, Ini Bocorannya
Taksi terbang berkecepatan tinggi diyakini lebih taktis dan fungsional bagi tentara Amerika Serikat. Foto/New Atlas.
A A A
AMERIKA SERIKAT - Taksi terbang ternyata jadi prospek yang menggiurkan buat militer Amerika Serikat. Pasalnya taksi terbang tersebut bukan digunakan untuk sarana transportasi. Alih-alih taksi tempur itu akan digunakan untuk kepentingan perang atau bertempur.

New Atlas melaporkan sejak 2017, militer Amerika Serikat meluncurkan sebuah program bernama AFWERX. Program yang diinisiasi oleh Angkatan Udara Amerika Serikat itu dibuat untuk menumbuhkan budaya inovasi di tubuh militer Amerika Serikat. Nah dari program itu salah satu misi yang utama adalah membuat taksi terbang yang siap tempur.

Salah satu konsep taksi terbang tempur yang mereka inginkan adalah taksi terbang yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal atau Vertical Take-Off Landing (VTOL). Saat ini sarana VTOL yang paling sering digunakan oleh militer Amerika Serikat
adalah helikopter.



Namun hal itu belum cukup karena militer Amerika Serikat menginginkan sebuah VTOL yang lebih dinamis, taktis, dan lebih kencang dari helikopter. Mereka menginginkan sebuah VTOL yang memiliki fleksibilitas tinggi sehingga dapat dengan cepat datang
dan pergi di lokasi tempur.

Dari situlah AFWERX kemudian mengajak beberapa perusahaan swasta untuk menyiapkan konsep High Speed VTOL yang sesuai dengan keinginan mereka.

Tidak main-main, saat ini AFWERX telah menerima 35 konsep High Speed VTOL. Berikut ini beberapa bocoran konsep High Speed VTOL yang diterima oleh New Atlas.

Jetpack Aviation : The Speeder
Amerika Serikat Siapkan Taksi-taksi Terbang Siap Tempur, Ini Bocorannya


Jetpack Aviation membuat sebuah taksi terbang tempur yang mirip seperti sepeda motor terbang bernama The Speeder. Disebut begitu karena Jetpack Aviation memang menginginkan tentara yang menggunakan kendaraan itu tak ubahnya seperti orang yang
mengendarai motor. Bedanya motor ini bisa terbang dengan kecepatan tinggi.

David Mayman dari Jetpack Aviation mengaku sudah membuat purwarupa dari The Speeder. Dia mengklaim saat itu sepeda motor terbang buatannya bisa mencapai 482 kilometer per jam. Dalam bentuk final The Speeder bisa mencapai 980 kilometer per jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4286 seconds (0.1#10.140)