Melonjak Saat Pandemi, Sepeda Motor Indonesia Terjun ke Bisnis E-commerce

Rabu, 01 September 2021 - 16:16 WIB
loading...
Melonjak Saat Pandemi, Sepeda Motor  Indonesia Terjun ke Bisnis E-commerce
Pihak PT Sepeda Motor Indonesia dan para mitra bisnis saat peluncuran e-commerce Toko Sepeda Motor. FOTO/ SINDOnews s
A A A
JAKARTA - Dengan adanya pertumbuhan nilai perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia, dan banyaknya wadah e-commerce untuk berbelanja keperluan melalui perangkat laptop maupun handphone, masyarakat Indonesia telah mengembangkan perilaku gemar berbelanja online.



Hal ini terbukti, menjadikan Indonesia sebagai negara nomor 1 dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di seluruh dunia, mengalahkan Meksiko yang berada di urutan kedua. Kondisi ini merupakan peluang emas yang patut dimanfaatkan khususnya untuk para pelaku usaha mikro dan kelas menengah (UMKM).

Dilansir langsung dari Direktur Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan "Indonesia merupakan negara yang masuk di dalam peringkat 10 besar dengan pertumbuhan e-commerce mencapai 78 persen dan berada di peringkat pertama. Sementara Meksiko berada di peringkat kedua, dengan nilai pertumbuhan 59 persen.”

Sementara itu, dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI.or.id) sekitar 6,4 juta unit motor telah terjual di tahun 2019 dan 3,6 juta unit motor terjual di 2020 secara domestik. Diantara jumlah unit motor tersebut yang terjual, sekitar 5% dari total penjualan motor tersebut di 2019 dan 2020 diasumsikan oleh Agen Pemegang Merk (APM) berasal dari penjualan online via e-commerce dan marketplace.

Menurut General Manager PT. Sepeda Motor Indonesia, Andika Pratama “Sepedamotor dan toko.sepedamotor. adalah dua sarana utama dari PT. Sepeda Motor Indonesia, yang mempunyai Misi dan visi untuk menjadi solusi yang mampu menyelesaikan kebutuhan sehari-hari yang berkaitan dengan motor, baik itu baju, spare part sampai dengan motor itu sendiri, kami punya semua”. Melalui fitur dan layanan yang dirancang lengkap, PT. Sepeda Motor Indonesia akan menyediakan wadah platform e-commerce (toko.sepedamotor) untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan membeli aksesoris dan bahkan sepeda motor secara online tanpa ada kekuatiran.

Dengan begitu, PT. Sepeda Motor Indonesia akan menjadi satu-satunya media otomotif roda dua di Tanah Air yang mempunyai
e-commerce; terintegrasi dengan media otomotif-nya, produk yang tampil adalah produk yang dibutuhkan dan sesuai dengan perkembangan otomotif yang mengikuti perkembangan saat ini.

Mendukung UMKM Otomotif dan perkembangan kendaraan listrik di tanah air juga merupakan point yang menjadi perhatian sepedamotor. saat ini.

Mengusung konsep “Premium One-Stop Motorcycle Solution”, toko.sepedamotor memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda dimana produk yang dipasarkan tersebut sebelumnya telah diulas secara lengkap terlebih dahulu pada portal media sepedamotor.com. Customer juga tidak perlu kuatir dengan kualitas produk yang dijual, karena toko.sepedamotor.com hanya menjual produk dari brand premium yang eksklusif, dan original seperti Qooder, Royal Enfield, NIU, Royal Alloy (motor)
dan Deus Apparel, Prime Gears Premium Apparel, beserta deretan brand lokal kebanggaan Indonesia seperti Gesits, Hunter Motorcycles, RSV Helmet dan lainnya. Dengan begitu masyarakat Indonesia tidak perlu ribet lagi karena sekarang membeli produk otomotif tidak harus pergi ke showroom atau toko, namun bisa dilakukan dirumah via laptop atau langsung dari handphone.

Untuk skema pembayaran, e-commerce ini akan menghadirkan kemudahan bagi customer untuk memiliki motor impiannya. Lewat kerjasama strategis dengan perusahaan keuangan yang sedang dalam proses, nantinya sistem pembayaran toko.sepedamotor.com dapat dilakukan melalui E-Wallet, transfer bank, kartu kredit, dan kredit cicilan barang hingga 5 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)