Penyebab Kipas Radiator Menyala Terus dan Efek yang Ditimbulkan

Senin, 06 September 2021 - 18:05 WIB
loading...
Penyebab Kipas Radiator Menyala Terus dan Efek yang Ditimbulkan
Kipas radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin mobil. Kipas ini pasti berputar ketika mesin menyala. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kipas radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin mobil. Kipas ini pasti berputar ketika mesin menyala. Namun, ada kasus kipas sudah berputar meski mesin belum hidup.

Tentu saja kondisi ini tidak normal dan membuat pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman. Kalau sudah begini, maka sudah waktunya mobil dibawa ke bengkel.



Maka dari itu, pemilik mobil sebaik mengerti penyebab kipas radiator menyala terus dan efek yang ditimbulkan ketika itu terjadi. Berikut penjabarannya, dilansir dari laman Auto2000, Senin (6/9).

Total ada empat penyebab kipas radiator menyala terus, yaitu:

1. Kerusakan water temperature sensor

Penyebab pertama adalah kerusakan Water Temperature Sensor (WTS). Bagi yang belum mengetahuinya, WTS sering disebut juga sebagai ECT (Engine Coolant Temperature Sensor).

Kerusakan WTS yang memberikan efek ini biasanya terjadi karena short circuit atau korsleting. Nilai tahanan WTS menjadi tetap 0 dan arus listrik terus mengalir ke ECU.

ECU menilai sinyal ini sebagai penanda bahwa suhu air pendingin menjadi panas. Akhirnya ECU langsung mengaktifkan kipas radiator mobil sehingga terus berputar.

2. Kerusakan refrigerant pressure sensor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)