Mengenal Fitur ASA dan DCVT pada Daihatsu Rocky

Selasa, 07 September 2021 - 23:40 WIB
loading...
Mengenal Fitur ASA dan DCVT pada Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Rocky merupakan salah satu produk dari Daihatsu yang diluncurkan pada April 2021 lalu. Mobil ini dibekali dengan banyak teknologi anyar untuk menunjang performanya.

Di antaranya teknologi A.S.A (Advanced Safety Assist), yang diklaim sebagai fitur keselamatan aktif dan tertinggi di kelasnya. Fitur ini berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir risiko kecelakaan, seperti peringatan ketika terdeteksi potensi tabrakan, serta pengereman untuk mengurangi dampak benturan. BACA JUGA - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky versi JDM Dapat Mesin dan Fitur Baru

Selain itu, juga untuk mencegah tabrak depan karena salah menginjak pedal gas, memberikan peringatan saat mobil depan sudah bergerak maju, peringatan ketika mobil menginjak garis marka secara tidak sengaja, serta fitur yang dapat mengembalikan posisi mobil ke jalur sebelumnya.

"Secara prinsip kerja, fitur A.S.A diawali dari kamera stereo yang mendeteksi adanya objek di depan mobil, lalu sinyal kamera dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi," jelas Ben Faqih, People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangannya, Selasa (7/9/2021).

Sedangkan pada teknologi transmisi, Daihatsu Rocky dilengkapi Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission), sebaagi pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

"Dengan begitu, penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit," tambah Ben.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)