Mobil Sulit Distarter, Begini Cara Jumper Aki yang Benar dan Aman

Sabtu, 11 September 2021 - 15:02 WIB
loading...
A A A
Bila kabel jumper telah terpasang pada masing-masing aki, maka kini bisa masuk ke langkah selanjutnya. Hidupkan mesin mobil. Mesin yang dihidupkan pertama kali adalah mesin mobil donor. Baru setelah mobil donor hidup, mesin mobil yang akinya soak bisa dihidupkan.



Diamkan selama beberapa saat hingga arus listrik dari aki donor mencapai aki soak. Jika aki yang soak terlihat hidup kembali, penerapan cara jumper aki mobil bisa diakhiri.

Mobil dengan komponen alternator yang masih baik biasanya tidak perlu waktu lama untuk jumper. Untuk itu memelihar komponen alternator juga merupakan suatu hal yang diperlu untuk cek secara berkala.

5. Melepas kabel jumper

Langkah terakhir dalam cara jumper aki mobil adalah melepas kabel jumper. Setelah aki yang soak mendapatkan cukup tenaga untuk menghidupkan mesin, bisa melepas kabel jumper. Tetaplah berhati-hati dalam melakukannya.

Lepaskan kabel kutub negatif (biasanya berwarna hitam) yang terhubung pada aki rusak terlebih dulu. Barulah kemudian lepas kabel kutub negatif yang terhubung pada aki donor. Setelah kabel negatif terlepas, lanjutkan dengan melepas kabel kutub positif (biasanya berwarna merah) pada aki rusak. Terakhir, lepas kabel positif pada aki donor.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)