Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!

Senin, 13 September 2021 - 21:30 WIB
loading...
Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!
Panel indikator di mobil akan menginformasikan keadaan temperatur mobil jika naik drastis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Keberadaan radiator pada kendaraan sangat penting karena berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin yang panas. Tidak heran jika perawatan dan perhatian pada radiator dan komponen pendingin lainnya mutlak dilakukan.

Naiknya suhu di sebuah kendaraan sebenarnya adalah hal yang normal. Hanya saja kenaikan temperatur dianggap normal jika tidak naik tiba-tiba dan drastis. Anda justru harus waspada jika kendaraan roda empat tiba-tiba mendadak lebih panas biasanya, sistem pendingin ruangan tidak bekerja dan muncul simbol kenaikan temperatur mobil di panel indikator mobil.



Pastikan secepat mungkin mematikan kendaraan Anda dan memeriksa langsung kondisi mesin . Pasalnya mobil Anda tengah mengalami overheat. Jika ditemukan kondisi seperti itu maka sudah pasti ada yang tidak beres dan bekerja tidak optimal pada sistem pendingin mobil.

Untuk itu perlu Anda ketahui dan cek radiator dan komponen pendingin lainnya secara detail. Berikut ini dilansir dari laman Auto2000 (13/9/2021), mengenai penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba.

1. Terjadi penyumbatan dan kebocoran pada radiator
Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!


Radiator menjadi komponen penting yang bertanggung jawab pada keoptimalan sistem pendingin pada mesin. Umumnya terjadi karena terjadi penyumbatan atau kebocoran pada radiator. Hal ini dapat menyebabkan suhu mesin menjadi naik dan sangat panas serta menyebabkan overheat.

Biasanya ditemukan bahwa terdapat kotoran tebal atau korosi (karat) pada radiator yang lambat laun menjadi terkikis dan mengalami kebocoran. Lakukan perbaikan ke bengkel untuk dapat berfungsi normal kembali. Untuk hasil maksimal dan awet lakukan penggantian dengan radiator yang baru.

2. Selang radiator getas sehingga menyebabkan kebocoran
Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!


Selang pada komponen radiator memang umumnya kerap terjadi yang dapat mengakibatkan suhu mesin naik. Namun hal itu bersifat wajar, karena selang radiator terbuat dari karet yang punya jangka waktu pemakaian. Jika ditemukan karet sudah getas segera ganti dengan selang radiator baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3007 seconds (0.1#10.140)