Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!

Senin, 13 September 2021 - 21:30 WIB
loading...
Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!
Panel indikator di mobil akan menginformasikan keadaan temperatur mobil jika naik drastis. Foto/IST
JAKARTA - Keberadaan radiator pada kendaraan sangat penting karena berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin yang panas. Tidak heran jika perawatan dan perhatian pada radiator dan komponen pendingin lainnya mutlak dilakukan.

Naiknya suhu di sebuah kendaraan sebenarnya adalah hal yang normal. Hanya saja kenaikan temperatur dianggap normal jika tidak naik tiba-tiba dan drastis. Anda justru harus waspada jika kendaraan roda empat tiba-tiba mendadak lebih panas biasanya, sistem pendingin ruangan tidak bekerja dan muncul simbol kenaikan temperatur mobil di panel indikator mobil.

Baca juga : Canggih dan Futuristis, Tesla Siapkan Wiper dengan Teknologi Laser

Pastikan secepat mungkin mematikan kendaraan Anda dan memeriksa langsung kondisi mesin . Pasalnya mobil Anda tengah mengalami overheat. Jika ditemukan kondisi seperti itu maka sudah pasti ada yang tidak beres dan bekerja tidak optimal pada sistem pendingin mobil.



Untuk itu perlu Anda ketahui dan cek radiator dan komponen pendingin lainnya secara detail. Berikut ini dilansir dari laman Auto2000 (13/9/2021), mengenai penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba.

1. Terjadi penyumbatan dan kebocoran pada radiator
Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!


Radiator menjadi komponen penting yang bertanggung jawab pada keoptimalan sistem pendingin pada mesin. Umumnya terjadi karena terjadi penyumbatan atau kebocoran pada radiator. Hal ini dapat menyebabkan suhu mesin menjadi naik dan sangat panas serta menyebabkan overheat.

Biasanya ditemukan bahwa terdapat kotoran tebal atau korosi (karat) pada radiator yang lambat laun menjadi terkikis dan mengalami kebocoran. Lakukan perbaikan ke bengkel untuk dapat berfungsi normal kembali. Untuk hasil maksimal dan awet lakukan penggantian dengan radiator yang baru.

2. Selang radiator getas sehingga menyebabkan kebocoran
Temperatur Mobil Naik Tiba-tiba, Perhatikan 6 Penyebabnya!
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE