Tanda-Tanda V Belt Mobil harus Segera Diganti Biar Tak Mogok di Jalan

Selasa, 14 September 2021 - 18:22 WIB
loading...
A A A
Terbuat dari material karet khusus dan serat nilon, V Belt memiliki elastisitas yang cukup tinggi. Namun, seiring dengan meningkatnya intensitas penggunaan mobil, elastisitas V Belt pun akan menurun atau bahkan hilang. Sebab, saat sedang bekerja, V Belt terus-menerus berada pada suhu yang tinggi.

V Belt yang sudah menurun elastisitasnya akan terasa rapuh saat disentuh. Jika Anda merasa V Belt sudah rapuh, segeralah lakukan penggantian.

2. V Belt mengendur

Selain terasa getas, karet yang sudah tidak elastis juga akan terasa kendur. Begitu juga dengan V Belt yang memang terbuat dari bahan karet. V Belt yang rusak akan terlihat kendur dan tidak terpasang dengan benar.

Jangan gunakan V Belt kendur karena dapat membuat ritmenya tidak sesuai dengan timing yang seharusnya. Timing yang tidak tepat akan sangat memengaruhi kinerja komponen mesin lainnya.

3. V Belt terlihat tipis

Tanda-tanda V Belt harus ganti segera juga dapat diamati secara visual. V Belt yang sudah terlalu lama digunakan akan terlihat tipis. Ini karena permukaan V Belt telah aus akibat gesekan dengan komponen lain di dekatnya.

4. Permukaan V Belt retak

V Belt memiliki dua jenis permukaan, yaitu permukaan yang halus dan bergerigi. Jika rusak, permukaan halus pada V Belt akan terlihat retak atau bahkan pecah. Nah, bila menemukan tanda seperti ini, segeralah lakukan penggantian pada V Belt.

5. Gerigi aus atau hilang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7579 seconds (0.1#10.140)