Consumer Reports Kritik Setir Pesawat Terbang Tesla Tak Ada Manfaatnya

Sabtu, 18 September 2021 - 21:00 WIB
loading...
Consumer Reports Kritik Setir Pesawat Terbang Tesla Tak Ada Manfaatnya
Setir mobil pesawat terbang khas Tesla ada di Tesla Model S baru dan Tesla Model S Plaid. Foto/IST
JAKARTA - Setir pesawat terbang di mobil listrik Tesla dianggap majalah konsumen berpengaruh, Consumer Reports tidak ada gunanya. Hal itu mereka rasakan ketika membeli Tesla Model S 2021, yang dilengkapi dengan setir pesawat terbang , untuk diuji secara independen.

Dalam pengujian itu mereka melihat setir pesawat terbang yang disebut dengan nama yoke itu hanya memberikan pandangan yang baik buat pengemudi terhadap display informasi. Pasalnya roda kemudi itu tidak memiliki bagian atas yang biasanya menutupi display informasi seperti speedometer dan takometer.

Hanya saja cuma itu kelebihannya. Selebihnya roda kemudi yoke sama sekali tidak ada manfaat baru. Alih-alih mereka justru mengalami banyak hal yang merugikan selama mengendarai mobil dengan setir bergaya pesawat terbang itu.

Baca juga : Mariah Carey Punya Gedung Berjalan Superwah, Intip Yuk Isinya!



Consumer Reports Kritik Setir Pesawat Terbang Tesla Tak Ada Manfaatnya


Data consumer Reports mencatat bahwa bentuk roda kemudi yang unik justru membuat pengendalian dalam tikungan tajam, manuver parkir, dan navigasi parkir kecil jauh lebih rumit. Mereka merasakan banyak kesulitan ketimbang desain setir mobil konvensional.

Kejanggalan lainnya adalah ketiadaan klakson di bagian tengah roda kemudi. Alih-alih tombol klakson justru berupa tombol kecil sensitif yang ada di sisi kanan roda kemudi. Ya, mirip-mirip steering switch control.

Baca juga : Ehtesab, Aplikasi Paling Diminati setelah Taliban Berkuasa

Consumer Reports menyarankan agar sistem pengendalian mobil unik itu disempurnakan lagi. Setidaknya setir mobil buatan Tesla itu bisa memberikan rasa percaya diri yang sama seperti pengemudi mobil memegang palang kemudi konvensional. Jadi pengemudi bisa lebih baik dalam mengontrol dan bermanuver ketika berkendara. Terutama apabila berhadapan dengan keadaan darurat.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE