Nama-Nama Komponen pada Sistem AC Mobil Beserta Fungsinya

Minggu, 19 September 2021 - 23:05 WIB
loading...
Nama-Nama Komponen pada Sistem AC Mobil Beserta Fungsinya
Mengenal komponen AC mobil seperti kondensor hingga kompresor penting untuk memahami cara kerjanya. Foto: ist
JAKARTA - AC pada mobil sangat berfungsi ketika suhu udara di luar sedang panas. Dengan menyalakan AC, suhu ruang di dalam mobil akan turun sehingga membuat perjalanan jadi nyaman.

Ada berbagai komponen di dalam sistem AC mobil. Masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut ini nama-nama komponen dan fungsi di dalam sistem AC mobil, dilansir dari laman Auto2000, Minggu (19/9):

BACA JUGA: Redmi 10 Ponsel Pertama dengan Quad Camera 50MP di Harga Rp2 Juta

1. Kompresor AC



Komponen AC mobil yang pertama adalah kompresor. Fungsi kompresor AC adalah untuk memompa aliran gas freon agar freon mampu bersirkulasi ke semua komponen AC mobil. Namun kompresor ini tidak hanya membuat freon bersirkulasi, kompresor akan menekan freon agar molekul freon lebih rapat.

Hasilnya, freon akan berubah wujud menjadi cair dan tekanan freon pun jauh lebih besar dibandingkan pada selang input kompresor. Hal ini ditujukan agar proses ekspansi dapat berjalan mulus. Cara kerja kompresor adalah dengan menggunakan gerakan rotari yang diperoleh dari pulley mesin. Poros kompresor terhubung dengan plat yang memiliki beberapa nok.

Saat nok tersebut menyentuh piston, maka piston akan bergerak ke depan. Sehingga dapat menekan freon dan memaksanya keluar dengan tekanan tinggi. Ketika nok lepas dari piston, maka piston kembali bergerak ke belakang karena ada pegas pengembali. Hal ini membuat freon dari selang low pressure masuk ke dalam ruang piston.

2. Magnetic Clutch

Fungsi magnetic clutch adalah untuk mengatur kapan waktu kompresor bekerja meski dan berhenti meskipun pulley mesin tetap berputar. Saat kompresor bekerja, maka tekanan freon yang keluar dari kompresor terus meningkat. Apalagi ketika mesin digas, maka penambahan tekanan freon menjadi lebih cepat. Tentu ada resiko kalau kompresor terus bekerja, oleh karena itu saat tekanan freon mencapai titik maksimum, magnetic clutch akan memutuskan hubungan antara pulley kompresor dengan poros kompresor.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE