Delapan Penyebab Lari Mobil Tersendat Saat Ngegas

Selasa, 21 September 2021 - 23:04 WIB
loading...
A A A
Kedua misfire yaitu mobil brebet yang terjadi saat berada di kecepatan tinggi. Ketiga, mesin mobil susah dinyalakan dan terakhir bahan bakar menjadi boros. Solusinya adalah memperbaiki kerusakan pada koil atau menggantinya.

5. Kerusakan pada Busi

Busi yang bekerja untuk memproduksi percikan api dari tegangan listrik berperan penting agar terjadi pembakaran. Tanpa adanya komponen ini mesin mobil tidak dapat dinyalakan dan jika bermasalah akan muncul efek brebet.

Caranya bisa mengecek apakah busi masih bekerja, jika kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu. Ciri busi yang kotor adalah berwarna hitam dan akan bekerja dengan baik jika masih berwarna merah bata.

Jika ternyata penyebab mobil brebet saat di gas adalah kerusakan pada busi yang sudah mati, sebaiknya ganti dengan yang baru. Tidak akan bisa nyaman berkendara tanpa menggunakan busi yang berfungsi dengan baik.

6. Bocornya Kabel Busi

Saat mengecek busi masih bekerja tapi masalahnya juga bisa berasal dari kabel busi. Kebocoran sering terjadi pada bagian kabel yang membuat aliran listrik jadi terhambat. Cara mengeceknya sendiri sangat mudah.

Bisa juga menggunakan tespen dan colokan pada kabel busi, jika menyala artinya tidak ada masalah. Namun jika tidak ada aliran listrik maka telah terjadi kebocoran. Langkah perbaikan yang bisa dilakukan hanyalah mengganti kabel dengan yang baru.

7. Kerusakan pada Mass Air Flow (MAF)

MAF merupakan komponen pada mobil injeksi yang fungsinya sebagai sensor untuk mengatur jumlah udara masuk pada throttle body mobil. Ketika MF mengalami kerusakan maka persediaan udara yang tepat ke ruang bakar akan terganggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4203 seconds (0.1#10.140)