Mobil Karatan? Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghilangkannya

Jum'at, 24 September 2021 - 23:05 WIB
loading...
Mobil Karatan? Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghilangkannya
Karat pada bodi mobil akan menyebar seiring waktu jika tidak cepat-cepat dibersihkan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Karat sering menjadi masalah mengganggu pada mobil. Jika dibiarkan, karat akan mengikis bodi mobil. Biasanya karat akan menyebar seiring waktu karena logam dibaliknya terpapar udara dan kelembaban, sehingga mengalami oksidasi atau korosi.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan karat pada bodi mobil dengan tepat. Apa saja? Berikut selengkapnya dilansir dari Auto2000:



1. Beri pelumas

Cara menghilangkan karat pada mobil bisa dimulai dengan memberikan pelumas. Bagian engsel mobil sering kali karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan jarang diperhatikan.

Namun tidak perlu khawatir, hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika selalu mengoleskan pelumas pada bagian engsel untuk mencegahnya.

2. Rutin cuci mobil

Jika memang ingin mencuci mobil, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang saja. Karena air yang ada di bagian dalam mobil dan sulit dilap akan kering lebih cepat jika dicuci pada pagi atau siang hari.

Jika mencuci mobil di malam atau sore hari, bagian yang sulit dilap tersebut akan lama tergenang air atau basah. Hal ini membuat tidak mudah mengering dan lebih cepat berkarat.

Selain itu, gunakanlah sabut halus untuk membersihkan mobil dan jangan menggunakan sabut baja atau sikat kawat karena benda tersebut dapat merusak bodi mobil.

3. Cuci mobil setelah kehujanan

Air hujan dapat menimbulkan karat di bagian mobil . Jika mobil digunakaan saat hujan, sebaiknya segera dicuci agar terhindar dari karat.

Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan.

4. Gunakan cuka dan baking soda

Gunakan cuka untuk mengghilangkan karat pada mobil. Bahan dan alat yang digunakan adalah air, sikat, cuka putih, baking soda dan lap khusus. Jangan lupa untuk mencampur cuka dan baking soda dengan air agar encer terlebih dahulu.

Kandungan dalam cuka yaitu asam sitrat dengan air hangat yang dicampurkan dengan baking soda punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa dibongkar, maka lepaskan lebih dahulu bagian tersebut dan rendam bagian yang berkarat di dalam air cuka selama 1 sampai 2 hari. Jika ternyata karat masih menempel, rendam lagi sampai karatnya hilang. Gunakan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.



5. Pakai lemon atau jeruk nipis

Kedua buah tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat mobil, bahkan benda berkarat lainnya. Caranya, pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu. Kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)