Toyota Avanza Baru Diprediksi Punya Turbo, Yuk Cermati Serba-serbinya

Kamis, 30 September 2021 - 13:47 WIB
loading...
Toyota Avanza Baru Diprediksi Punya Turbo, Yuk Cermati Serba-serbinya
Toyota Avanza diprediksi akan hadir dengan platform baru dan fitur turbo pada November nanti. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Toyota Avanza baru yang akan meluncurkan November nanti diprediksi akan dilengkapi turbo. Hal itu sedikit terungkap dalam dokumen okumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2021 muncul ke permukaan.

Di dalam dokumen tersebut ada kode baru yang dipercaya sebagai kode terbaru Toyota Avanza. Nah, kode baru itu menunjukkan pada teknologi turbo yang akan digendong MPV sejuta umat di Indonesia itu.

Kehadiran teknologi turbo di Toyota Avanza memang mengejutkan. Pasalnya untuk segmen Low MPV belum ada yang menggunakan teknologi turbo. Memang saat ini Wuling Cortez CT sudah dilengkapi dengan teknologi turbo. Hanya saja Wuling Cortez CT masuk dalam kategori medium MPV yang saingannya adalah Toyota Innova.



Toyota sebenarnya saat ini tidak asing dengan teknologi turbo. Toyota Raize merupakan salah satu produk terbaru yang menggunakan turbo. Teknologi itu berhasil mendongkrak mesin 998 cc tiga silinder yang ada di Toyota Raize jadi lebih bertenaga dibanding Toyota Raize mesin 1,2 liter. Hanya saja Toyota Raize bukanlah Low MPV melainkan Low SUV.

Namun yang perlu dicatat adalah pengaplikasian teknologi turbo justru memerlukan perhatian yang lebih cermat ketimbang mesin tanpa turbo. Bahkan bisa dibilang sedikit merepotkan. Nah berikut ini beberapa hal remeh di mobil turbo yang terkadang malah merepotkan.

Disarankan Tidak Langsung Matikan Mesin
Toyota Avanza Baru Diprediksi Punya Turbo, Yuk Cermati Serba-serbinya


Pengemudi mobil turbo disarankan tidak langsung mematikan mesin apabila sudah selesai berkendara. Hal itu dikarenakan kondisi turbo yang ada di mobil bisa mencapai suhu yang sangat tinggi. Suhu turbo diperkirakan bisa mencapai 300 derajat celsius. Jadi ketika tiba-tiba langsung dimatikan bisa saja ada komponen yang retak. Pengemudi mobil turbo sebaiknya menunggu 1-2 menit guna mendinginkan dan kemudian baru mematikan mesin.

Saat ini memang sudah ada mesin yang dilengkapi teknologi khusus agar bisa tetap seperti biasa mematikan mesin. Hanya saja kemudahan itu tetap harus diikuti dengan perawatan yang serius pada pelumasan mobil berturbo.

Selektif Pada Pelumas
Toyota Avanza Baru Diprediksi Punya Turbo, Yuk Cermati Serba-serbinya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6231 seconds (0.1#10.140)