Waspada! Ini 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 12:00 WIB
loading...
Waspada! Ini 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti
Mengganti ban harus segera dilakukan apabila 5 tanda ban segera diganti sudah mulai terasa saat berkendara. Foto/Autoevolution.
A A A
JAKARTA - Ban merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan. Tidak hanya kendaraan roda dua tapi juga roda empat. Jadi mau tidak mau penting buat Anda untuk memahami tanda-tanda ban mobil sudah cukup tua atau hampir kedaluwarsa.

Sebab, jika umur ban mobil sudah tua, wajib segera diganti karena akan berbahaya bagi keselamatan. Tidak hanya itu ban yang sudah tua juga akan membuat kenyamanan berkendara berkurang, sulit mencapai efisiensi berkendara hingga merusak komponen kendaraan lainnya.



Jadi sudah jelas kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil. Dikutip dari Auto2000, Sabtu (2/10/2021), berikut ini ciri-ciri ban mobil harus diganti.

Waspada! Ini 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti


1. Berumur lebih dari 3 tahun

Umur ban mobil yang ideal adalah 3 tahun. Jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil, meskipun kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

2. Jarak tempuh melebih 40.000 kilometer

Walau belum sampai 3 tahun usia pakai, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh sudah mencapai 40.000 kilometer. Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan. Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15.000-20.000 kilometer per tahun, sehingga 40.000 kilometer tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.

3. Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)