Perawatan dan Penggantian Rantai Sepeda Motor, Konsumen Wajib Pahami

Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:30 WIB
loading...
Perawatan dan Penggantian Rantai Sepeda Motor, Konsumen Wajib Pahami
Perawatan sepeda motor yang telaten akan memberikan performa yang baik buat motor. Foto/YIMM.
A A A
JAKARTA - Rantai merupakan salah satu komponen penting pada jenis motor bebek dan sport, yang berperan sebagai penggerak kendaraan. Energi gerak motor yang dihasilkan dari kinerja mesin ke roda belakang terjadi berkat daya yang diteruskan oleh rantai.

Mengingat pentingnya fungsi rantai, maka konsumen wajib memperhatikan perawatannya sehingga bagian tersebut selalu dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu kinerja maksimalnya dapat mendukung kelancaran aktivitas berkendara penggunanya.

Riyadi Prihantono, After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan rantai merupakan komponen penting pada motor tipe sport dan bebek. Rantai menurutnya bekerja sebagai penerus tenaga ke roda belakang, karenanya perlu mendapatkan perawatan rutin.



"Kondisi rantai yang aus akan mempengaruhi kinerja rantai. Untuk itu, Yamaha memberikan sejumlah poin perawatan yang bisa dilakukan konsumen, dan kondisi yang harus diperhatikan apabila perlu dilakukan penggantian komponen,” ungkap Riyadi Prihantono.

Adapun indikator rantai sudah tidak layak digunakan atau rusak adalah mengeluarkan suara yang berisik, permukaan rantai aus, rantai mudah kendur, tarikan motor terasa berat, tenaga motor tidak maksimal.

Nah, berikut ini panduan perawatan dan penggantian rantai sepeda motor yang tepat menurut Yamaha:

1.Periksa kekencangan, kelancaran dan kondisi rantai serta gear rantai

-Penyetelan rantai tidak boleh terlalu kencang ataupun longgar, kekencangan rantai harus dijaga agar tetap di batas yang sudah ditentukan.
- Batas kekencangan rantai (free play) ada pada buku petunjuk pemilik, biasanya di rentang 25-35 mm.
- Rantai yang terlalu kencang akan membebani mesin dan komponen lainnya, sementara jika terlalu longgar bisa terlepas dan merusak komponen lainnya.

2. Menyetel rantai dengan baik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)