Berencana ke Arab Saudi, Ini Taksi-taksi Online yang Bisa Digunakan

Selasa, 23 November 2021 - 15:00 WIB
loading...
Berencana ke Arab Saudi, Ini Taksi-taksi Online yang Bisa Digunakan
Kerajaan Arab Saudi kini melonggarkan peraturan yang ketat buat wanita terutama dalam mendapatkan surat izin mengemudi dan penggunaan taksi. Foto/IST
A A A
ARAB SAUDI - Penggunaan taksi-taksi online saat ini jadi solusi praktis bagi setiap orang yang datang ke negara tertentu. Tidak terkecuali di Arab Saudi yang ternyata punya layanan taksi online yang menarik.

Saat ini Kerajaan Arab Saudi memang sudah membuka pintu buat warga Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Jadi bagi Anda yang mendapat kesempatan datang ke Tanah Suci dan ingin lebih jauh mengeksplorasi berbagai tempat yang ada, Anda bisa memanfaatkan jasa taksi-taksi online yang tersedia.

Perlu dicatat, Kerajaan Arab Saudi memang dikenal memiliki beberapa peraturan ketat. Terutama, bagi wanita. Ada sejumlah peraturan yang membuat penumpang wanita sangat terbatas dalam menggunakan jasa transportasi umum.



Hanya saja kini mereka sudah mulai mengendurkan peraturan tersebut. Wanita-wanita Arab Saudi kini sudah boleh mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal itu dimanfaatkan pelaku usaha untuk menciptakan sebuah jasa transportasi daring yang diperuntukkan khusus bagi wanita. Selain itu, Arab Saudi juga mengizinkan pengoperasian taksi online lainnya. Berikut 2 perusahaan transportasi online yang bisa Anda manfaatkan saat berada di Arab Saudi.

1. Careem
Berencana ke Arab Saudi, Ini Taksi-taksi Online yang Bisa Digunakan


Careem adalah layanan taksi online yang didirikan pada 2012 dan berbasis di Timur Tengah. Melansir laman resminya, Careem diakuisisi oleh Uber pada 2020. Sementara itu, Careem mulai masuk dan beroperasi di wilayah Arab Saudi sejak 2013. Saat ini, layanan Careem sudah beroperasi di 5 wilayah Saud, yakni Riyadh, Jeddah, Dammam, Dhahran, dan Khobar.

Mengutip Arab News, Careem Dubai telah melucurkan satu layanan baru yang dapat mengantarkan penumpang dari Bahrain ke Arab Saudi. Layanan itu diumumkan pada Juli 2021. Penumpang dapat melakukan memesan mobil untuk perjalanan dari Bahrain ke beberapa kota di Saudi, seperti Dammam, Khobar dan Riyadh dengan tarif mulai 198 dollar AS.

Sama seperti fitur transportasi online di Indonesia, masyarakat yang ingin menggunakan jasa Careem dapat langsung membuka laman resminya dan memiliki jenis transportasi yang diinginkan, seperti mobil, taksi, dan motor. Careem juga menyediakan layanan pengantaran paket, pembelian makanan, dan belanja online.

2. Leena
Berencana ke Arab Saudi, Ini Taksi-taksi Online yang Bisa Digunakan


Satu lagi transportasi online yang ada di Arab Saudi adalah Leena. Uniknya, semua pengemudi Leena merupakan wanita. Berlandaskan informasi yang ada dalam situs resminya, Leena adalah taksi online pertama di Saudi, khusus untuk wanita. Leena dibentuk sekelompok anak muda yang berasal dari sebuah universitas pada 2018.

Mereka menganggap bahwa mobilitas di Saudi masih sangat sulit, terutama bagi wanita. Penggunaan jasa sopir pribadi pun dirasa terlalu mahal dan taksi yang ada dianggap tidak nyaman dengan kualitas kurang baik.

Sementara itu, pemerintah Arab Saudi resmi memberikan izin kepada Leena di tahun 2019. Leena sendiri mulai beroperasi pada Juni 2020. Adapun kota-kota yang menjadi jangkauan Leena adalah Riyadh, Jeddah dan Dammam.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)