Ini Beberapa Mobil Listrik Buatan Indonesia yang Pernah Bikin Heboh

Rabu, 24 November 2021 - 13:30 WIB
loading...
Ini Beberapa Mobil Listrik Buatan Indonesia yang Pernah Bikin Heboh
Indonesia memiliki banyak mobil listrik buatan dalam negeri yang bisa dibanggakan. Foto/IST
JAKARTA - Jauh sebelum mobil-mobil listrik luar negeri datang ke Indonesia, anak-anak bangsa justru pernah berhasil membuat kendaraan hijau yang sama. Jadi Indonesia selayaknya patut berbangga karena ternyata industri dalam negeri ternyata mampu membuat mobil listrik seperti yang ada di negara-negara maju.

Kehadiran mobil-mobil listrik jadi warna tersendiri karena memang menjadi kejutan buat masyarakat Indonesia. Banyak yang tidak menyangka Indonesia mampu membuat mobil listrik. Nah, berikut ini beberapa mobil listrik buatan dalam negeri yang tidak kalah hebatnya dibandingkan mobil listrik buatan luar negeri:

1. Mobil Listrik Tucuxi
Ini Beberapa Mobil Listrik Buatan Indonesia yang Pernah Bikin Heboh


Mobil listrik Tucuxi merupakan mobil listrik generasi pertama buatan anak negeri pada tahun 2012. Danet Suryatama, seorang alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya dan University of Michigan, memprakarsai mobil listrik generasi pertama di Indonesia ini, yang juga menjadi mobil listrik sport serupa dengan mobil sport asal Eropa.



Mulai dari body, kabin, hingga warnanya mobil listrik Tucuxi mirip sekali dengan mobil Ferrari. Meskipun begitu, ada satu hal yang membedakannya, yakni mobil listrik Tucuxi lebih mirip seperti lumba-lumba. Sama seperti arti dari namanya, Tucuxi yang berarti lumba-lumba. Desain eksterior mobil listrik Tucuxi ini mirip dengan lumba-lumba.

Mobil listrik generasi pertama ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 200 kilometer per jam dengan jarak tempuh maksimal hingga 400 kilometer. Kapasitas mesin motor listriknya cukup besar bertenaga 268 daya kuda.

Meskipun dirancang dan dikembangkan dengan matang dan menggunakan bahan terbaik, pada saat melakukan uji coba kecelakaan terjadi. Menteri BUMN saat itu Dahlan Iskan melakukan uji coba dari Solo hingga Surabaya dan mengalami kecelakaan. Hingga saat ini, belum ada kejelasan pasti terkait produksi massal. Beberapa ahli memprediksikan harga mobil listrik generasi pertama ini sebesar Rp1,5 Miliar.

2. Mobil Listrik Gendhis
Ini Beberapa Mobil Listrik Buatan Indonesia yang Pernah Bikin Heboh


Mobil listrik Gendhis pertama kali dipamerkan di event bergengsi APEC 2013 di Bali. Mobil listrik itu merupakan buatan Ricky Elson dan tim. Gendhis merupakan mobil listrik premium jenis MPV yang memiliki kapasitas penumpang 7 orang.
halaman ke-1
preload video
Berita Terkait
Akuisisi Pabrik Mobil Listrik Ditolak Ahok, Pengamat Duga Ada Tekanan Kuat
Porsche Segera Ganti Konsep Dealer Mobil Jadi Seperti Apple Store
Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Dorong Standardisasi
Gabung Program Stimulus BBI, Jakcloth Dukung Kebangkitan UMKM
Damri Luncurkan Bus Listrik Rute Bandara Soekarno-Hatta
Tolak Rencana IBC Akuisisi Produsen Mobil Listrik Jerman, Ahok: Tidak Layak!
Siap Melayani Pemilik Mobil Listrik, Andalan Motor Buka Dealer Hyundai di Bogor
Robot Canggih DRMA Siap Produksi Komponen Kendaraan Listrik
Uji Coba Gelora E, DFSK Dukung Elektrifikasi Transportasi Darat DAMRI
Penjualan Ponsel Xiaomi Turun 5,8%, Xiaomi Kebut Mobil Listrik di 2024
Gawat, Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Belum Sesuai Target Roadmap
Inilah Detail Pesawat Listrik tercepat Bikinan Rolls-Royce
Wuling Motors Pastikan Akan Berpartisipasi IEMS 2021
Komentar Anda
OTO UPDATE