Pusat Riset dan Pengembangan Volvo Dijebol Hacker, Data Penting Dicuri

Sabtu, 11 Desember 2021 - 09:00 WIB
loading...
Pusat Riset dan Pengembangan Volvo Dijebol Hacker, Data Penting Dicuri
Volvo bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menemukan kelompok hacker dan data-data yang telah dicuri. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pusat Riset dan Pengembangan Volvo telah dijebak oleh sekelompok hacker . Akibatnya banyak data penting menghilang. Volvo, dikutip Autoblog menyebutkan saat ini tengah mengembangkan penyelidikan akan tindakan peretasan itu.

Pasalnya tindakan itu menurut mereka akan sangat mengganggu kinerja Volvo secara keseluruhan. Mereka juga mengaku setelah peretasan itu Volvo telah bekerja sama dengan pihak ketiga. Hanya saja mereka tidak menjelaskan lebih jauh apa yang akan dilakukan oleh pihak ketiga tersebut.

"Dari investigasi yang telah dilakukan kami bisa menyatakan sejumlah data riset dan pengembangan telah dicuri selama aksi peretasan berlangsung," ujar juru bicara Volvo seperti dikutip Autoblog.



Mereka juga mengatakan aksi peretasan tidak akan berdampak pada pemilik mobil Volvo. Hanya saja data-data riset dan pengembangan yang dimiliki Volvo diyakini sangat penting untuk menghadapi era mobil listrik yang tengah berjalan belakangan ini.

Sementara situs Bleeping Computer menyebutkan aksi peretasan Pusat Riset dan Pengembangan Volvo dilakukan oleh sekelompok hacker, Snatch. Hal itu diketahui setelah kelompok itu menampilkan secara online beberapa dokumen milik Volvo yang telah diretas pada 30 November lalu.



Mereka bahkan menunjukkan sebagian kecil sejumlah data sebesar 35,9 MB yang telah dicuri. Hanya saja Bleeping Computer mengatakan Volvo menolak berkomentar mengenai tindakan yang dilakukan Snatch itu.

"Volvo menolak berspekulasi mengenai aksi peretasan yang telah dilakukan oleh sekelompok orang. Hanya saja kami menanggapi serius aksi peretasan dan pencurian data itu," ujar Volvo seperti dikutip Bleeping Computer.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)