Ini Jarak Aman Naik Sepeda Motor Agar Terhindar dari Tabrakan Beruntun

Senin, 13 Desember 2021 - 14:02 WIB
loading...
Ini Jarak Aman Naik Sepeda Motor Agar Terhindar dari Tabrakan Beruntun
Dengan mengetahui jarak aman, pengendara mempunyai cukup waktu untuk melakukan pengereman. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Tak hanya pengendara mobil, biker juga harus tahu jarak aman naik sepeda motor biar terhindar dari tabrakan beruntun. Dengan mengetahui jarak aman, pengendara mempunyai cukup waktu untuk melakukan pengereman.

Untuk pengendara yang belum mendapatkan pelatihan safety riding, pasti belum mengetahui berapa jarak yang aman dari kendaraan di depan agar terhindar dari kecelakaan. Ini penting karena pemahaman atas jarak aman berkendara bisa membantu Anda ketika harus mengambil keputusan di tengah situasi genting lalu lintas.

Dikutip dari situs Astra Motor, untuk menentukan jarak aman yang tepat saat berkendara adalah dengan menggunakan satuan detik. Rekomendasi jarak yang paling aman adalah 3 detik dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengerem dan motor berhenti.



Ini berdasarkan perhitungan, ketika melakukan pengereman mendadak secara reflek dibutuhkan waktu sekitar 0,5 hingga 1 detik. Setelah menginjak rem, motor membutuhkan tambahan 0,5 sampai 1 detik untuk dapat berhenti dengan maksimal.

Selain dengan ukuran detik, TMC Polda Metro Jaya juga menetapkan sejumlah versi jarak aman yang cocok khusus untuk pengendara sepeda motor. Jarak yang direkomendasikan oleh pihak kepolisian adalah dalam satuan meter, sesuai dengan kecepatan laju sepeda motor.

Berikut rekomendasi jarak aman sepeda motor menurut TMC Polda Metro Jaya:

1. Kecepatan 30 km/jam : Jarak minimal 15 meter, Jarak aman 20 meter.

2. Kecepatan 40 km /jam : Jarak minimal 20 meter, Jarak aman 40 meter.

3. Kecepatan 50 km/jam : Jarak minimal 25 meter, Jarak aman 50 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)