Begini Cara Benar Mengemudi Agar Hemat Bahan Bakar

Senin, 20 September 2021 - 18:04 WIB
loading...
Begini Cara Benar Mengemudi Agar Hemat Bahan Bakar
Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh pengendara untuk bisa berkendara hemat BBM. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Mengemudi secara eco driving atau berkendara hemat bahan bakar memang tidak mudah, semua kembali kepada kebiasaan dan gaya berkendara masing-masing individu. Tapi ada tips dan triknya bagaimana agar cara berkendara dapat tergolong sebagai berkendara eco driving.

Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh pengendara untuk bisa berkendara hemat BBM. Salah satu faktornya tidak hanya dari teknologi mobil atau kendaraannya, tapi lebih kepada sisi pengendara dan juga kondisi lalu lintas yang bisa membuat konsumsi bahan bakar kendaraan jadi berbeda-beda.

Paling utama memang kepada kondisi jalan, tapi perlu dipahami juga bagaimana pola dan teknik berkendara yang mampu menghemat BBM ini. Ketika kondisi jalan yang macet, tentu akan berakibat kepada konsumsi BBM yang lebih boros.



Berikut ini beberapa tips untuk menerapkan eco driving agar gaya berkendara jadi lebih hemat, dilansir dari laman Mitshubishi, Senin (20/9/2021).

1. Tidak perlu memanaskan mesin

Tidak disarankan untuk memanaskan mesin dalam waktu lama. Apabila jarum penunjuk suhu mesin mobil bergerak, kendaraan sudah dapat dijalankan.

2. Kurangi pengggunaan AC

AC tentu menjadi syarat utama saat Anda membeli mobil, terutama di kondisi iklim tropis seperti di Indonesia. Namun, ada aturan jika ingin melaksanakan eco driving tadi. Atur kira-kira suhu di dalam kabin sekitar 25 derajat jadi kerja kompresor tidak terlalu membebani mesin.

Jangan gunakan AC dengan suhu paling dingin secara terus menerus (biasanya 18 derajat), karena ini bakal membuat konsumsi BBM meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)