Investasi Rp251 Triliun dan 30 Mobil Listrik, Toyota Seriusi Elektrifikasi

Rabu, 15 Desember 2021 - 07:00 WIB
loading...
Investasi Rp251 Triliun dan 30 Mobil Listrik, Toyota Seriusi Elektrifikasi
CEO Toyota Motor Co Akio Toyoda berpose di depan belasan mobil listrik konsep yang akan segera mereka hadirkan. Foto/Toyota.
A A A
JEPANG - Toyota mulai serius dalam pengembangan mobil listrik. Mereka bahkan langsung pamer 16 mobil listrik dari rencana 30 mobil listrik yang akan segera dihadirkan dalam waktu dekat. Dalam pernyataan resmi, Selasa (14/12/2021) CEO Toyota Akio Toyoda mengatakan Toyota didirikan untuk membantu masyarakat mendapatkan hidup yang lebih baik dan bahagia. Saat ini salah satu cara untuk membuat hidup masyarakat jadi lebih bahagia adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

"Saya percaya mencapai karbon netral akan membuat hidup masyarakat di planet ini jadi lebih bahagia. Kami ingin membantu mewujudkan kehidupan seperti itu karena memang Toyota didirikan untuk memberikan kebahagiaan buat masyarakat. Untuk itu kami akan berupaya mengurangi emisi CO2 sebaik mungkin dan secepatnya," ucap Akio Toyoda.

Baca juga : Pesanan Mazda CX-3 Menumpuk, Eurokars Tidak Mau Janji Muluk-muluk

Investasi Rp251 Triliun dan 30 Mobil Listrik, Toyota Seriusi Elektrifikasi


Dia mengatakan hingga 2030 Toyota akan memproduksi sebanyak 30 mobil listrik baru. Komitmen itu meningkat dua kali lipat dibandingkan pernyataan sebelumnya dimana pada 2025 Toyota hanya akan memproduksi sebanyak 15 kendaraan roda empat hijau.

Rencana Toyota di elektrifikasi memang fantastis. Pasalnya mereka berambisi untuk menjual sebanyak 3,5 juta mobil listrik pada 2030 secara global. Mereka bahkan akan menjadikan merek mobil mewah mereka, Lexus jadi produsen mobil listrik. Untuk mencapai ambisi itu mereka akan menginvestasikan dana yang sangat besar mencapai 2 triliun Yen atau setara Rp251 triliun.

Baca juga : BMW Bawa Mobil yang Bisa Gonta-ganti Warna Cat di CES 2022

Toyota bahkan menampilkan sebagian "senjata" mereka untuk nyemplung ke mobil listrik. Total ada 16 mobil konsep listrik mereka hadirkan untuk sebagai bukti kuat komitmen mereka. Berbagai jenis mobil mulai dari sedan, mobil sport, crossover, SUV, pikap dan mobil niaga ringan dihadirkan untuk mendukung janji Akio Toyoda.

Hanya saja Toyota tidak menjelaskan secara detail informasi belasan mobil konsep listrik itu. Sebagian informasi yang diterima hanyalah mobil sport listrik Lexus yang nangtinya akan mampu menempuh jarak 700 kilometer dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu di bawah 2 detik.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3625 seconds (10.101#12.26)