Ogah Terlihat Menonjol, Ini Tiga Warna Mobil Favorit Korea Selatan

Rabu, 15 Desember 2021 - 08:00 WIB
loading...
Ogah Terlihat Menonjol, Ini Tiga Warna Mobil Favorit Korea Selatan
Masyarakat Korea Selatan cenderung menyukai mobil warna putih karena tidak menyukai hal-hal menonjol. Foto/IST
A A A
KOREA SELATAN - Masyarakat Korea Selatan ternyata enggan terlihat menonjol dalam memiliki mobil. Pilihan warna mobil yang mereka sukai hanya 3 yaitu putih, hitam dan abu-abu.

Survei yang dibuat Korea Herald menyebutkan Korea Selatan adalah surganya mobil berwarna putih. Seluruh mobil yang ada di Korea Selatan didominasi oleh warna tersebut. "Sebanyak 60 persen mobil yang ada di Korea Selatan tampil dengan warna putih," ungkap Korea Herald.

Yun Gyu-won, peneliti warna dari Seoul National University mengatakan pilihan mobil berwarna netral ada hubungannya dengan tingginya tingkat introvert di negeri ginseng. Mereka enggan terlihat menonjol meski memiliki mobil yang sangat mewah.



Ogah Terlihat Menonjol, Ini Tiga Warna Mobil Favorit Korea Selatan


"Menurut data Myers Briggs Type Indicator, 25 persen warga Korea Selatan sangat enggan menunjukkan diri mereka ke orang-orang lain," jelas Yun Gyu-won.

Hal yang sama diungkap Jung Woo Park, President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) kepada Sindonewscom baru-baru ini. Menurutnya warga Korea Selatan cenderung tidak ingin tampil menonjol. Alhasil mereka enggan membeli mobil dengan warna-warna yang atraktif.



"Trennya selalu begitu dan berdampak ke orang lain. Mereka enggan membeli mobil selain warna putih, abu-abu dan hitam. Pasalnya mobil di luar warna itu harga jual kembalinya akan sangat turun," ujar Jung Woo Park.

Sementara Kim Seung-Hyun, Senior Research dari Noroo-Pantone Color Institute mengatakan pemilihan warna-warna akromatik seperti putih, hitam dan abu-abu merupakan pilihan terbaik. Pasalnya warna-warna itu akan tidak terlalu terpengaruh dengan tren warna yang terus berkembang setiap saat.

"Selain itu mobil-mobil berwarna putih, hitam dan abu-abu sangat mudah untuk dirawat oleh pemiliknya," jelas Kim Seung-Hyun.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)