FIFGROUP EXPLORE 2021 Siapkan Siswa SMK Siap Masuk Dunia Kerja

Jum'at, 17 Desember 2021 - 15:26 WIB
loading...
FIFGROUP EXPLORE 2021 Siapkan Siswa SMK Siap Masuk Dunia Kerja
FIFGROUP EXPLORE 2021 meluluskan 24 siswa SMK dari 2 SMK di Palu dan Bandar Lampung. Foto/FIFGROUP.
A A A
JAKARTA - Era Industri 4.0 kian membutuhkan lulusan siap kerja, hal ini menuntut seluruh lulusan sekolah hingga perguruan tinggi harus mempersiapkan diri untuk mampu menguasai sejumlah kompetensi, seperti pengetahuan bisnis, kemampuan berbahasa asing, pengetahuan digital hingga soft skill.

Tanpa kompetensi tersebut, lulusan sekolah hingga perguruan tinggi berpotensi sulit bersaing di tengah ketatnya persaingan mencari kerja saat ini. Minimnya penguasaan kompetensi tersebut menjadi pemicu banyak jumlah pengangguran di Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi penyumbang tertinggi angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan data terbaru BPS mencatat pada Agustus 2021 angka pengangguran di SMK mencapai 11,13%. Angka ini lebih rendah dibanding Agustus 2020 yang mencapai 13,55% dan juga dibanding Februari 2021 yang mencapai 11,45%. Angka tersebut menjadi angka paling tinggi jika dibandingkan dengan tamatan jenjang pendidikan lainnya.

Hal ini disebabkan, siswa-siswi pendidikan kejuruan hanya diberikan pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan standar jurusan yang telah ditetapkan, tetapi pembelajaran tersebut masih belum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini yang menyebabkan minimnya serapan tenaga kerja dari lulusan SMK.




FIFGROUP EXPLORE 2021 Siapkan Siswa SMK Siap Masuk Dunia Kerja


Untuk menjawab permasalahan tersebut, PT Federal International Finance (FIF) atau FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk, melalui Human Capital Recruitment, Talent and Career Management (HC-RTCM) Department bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Department meluncurkan program bertajuk “FIFGROUP Experience Learning For Students (EXPLORE) 2021” yang sudah diselenggarakan sejak bulan September 2021.

Program tersebut menargetkan pembinaan kepada siswa dan siswi SMK di Bandar Lampung dan Palu. Untuk mewujudkan program tersebut, FIFGROUP berkolaborasi dengan SMK Negeri 4 Bandar Lampung dan SMK Negeri 2 Palu. Terjadi peningkatan jumlah pendaftar dalam penyelenggaraan FIFGROUP Explore pada tahun ini sebesar 22%, yaitu sebanyak 122 pendaftar dibanding tahun 2020 yang hanya sebanyak 100 pendaftar.

Kini, penyelenggaraan program tersebut sudah mencapai acara puncaknya, FIFGROUP menyelenggarakan Graduation Ceremony sebagai ajang kelulusan dan penghargaan yang ditujukan kepada seluruh peserta yang berhasil lolos melalui seluruh tahapan pada program tersebut, mulai dari in class, virtual job training, hingga final review.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2900 seconds (0.1#10.140)